Biodata dan Profil Mayjen Saleh Mustafa, Perwira Asal Ternate yang Menjabat Pangkostrad

Kamis, 30 November 2023 - 22:15 WIB
loading...
Biodata dan Profil Mayjen Saleh Mustafa, Perwira Asal Ternate yang Menjabat Pangkostrad
Mayjen TNI Saleh Mustafa resmi ditunjuk menjadi Pangkostrad menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mayjen TNI Saleh Mustafa resmi ditunjuk menjadi Pangkostrad (Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat). Dia menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang baru dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Rabu (29/11/2023).

Mutasi Mayjen TNI Saleh Mustafa tercantum dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.



Penunjukan Saleh Mustafa menjadi Pangkostrad membuat pangkatnya yang sebelumnya Mayor Jenderal naik menjadi Letnan Jenderal atau jenderal bintang tiga.

Profil Mayjen Saleh Mustafa


Saleh Mustafa diketahui lahir di Ternate, Maluku Utara, pada 14 Maret 1969. Jalan kariernya di militer dimulai setelah dia dinyatakan lulus dari Akademi Militer di tahun 1991.

Sebagai seorang prajurit yang berasal dari cabang Kopassus, Saleh harus menghabiskan karier masa muda di Korps Pasukan Khusus milik Angkatan Darat tersebut.



Ketika di Kopassus, Saleh sempat dipercaya untuk menduduki posisi Komandan Batalyon 23 Grup 2, Waasops Danjen, dan Komandan Grup 1.

Hingga pada tahun 2013, dirinya harus berpindah tugas sebagai Asops Kasdam Iskandar Muda. Dua tahun berselang, Saleh lalu kembali dipindah untuk menjadi Pasis Sesko TNI.

Posisi lain yang pernah diduduki Saleh ketika di militer adalah, Pamen Ahli Kopassus Bidang Pendidikan dan Latihan, Danrem 132/Tadulako di tahun 2016, Wadanpussenif Kodiklatad tahun 2017, dan Kasdam Jaya pada 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)