Riwayat Pendidikan Maruli Simanjuntak, Sosok KSAD Baru Berdarah Batak

Rabu, 29 November 2023 - 15:27 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Maruli Simanjuntak, Sosok KSAD Baru Berdarah Batak
Jenderal TNI Maruli Simanjuntak baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). Foto/MPI/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Maruli Simanjuntak merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Ia baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Rabu (29/11/2023).

Pada tugas barunya ini, Maruli menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI. Sejalan dengan jabatan barunya, menantu Luhut Pandjaitan itu juga bakal mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI (bintang empat).

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Maruli Simanjuntak ini? Berikut informasi mengenai riwayat pendidikannya yang bisa diketahui.

Riwayat Pendidikan Maruli Simanjuntak


Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 27 Februari 1970. Mengacu tahun kelahirannya, ia telah memasuki usia 53 tahun.



Pada riwayat pendidikannya, Maruli menamatkan jenjang pendidikan menengah di SMAK Dago Bandung. Setelah itu, ia memutuskan untuk mengikuti tes masuk Akademi Militer (Akmil) dan berhasil lolos.

Beberapa tahun menjalani pendidikan di Akmil, Maruli lulus pada tahun 1992. Secara perlahan, ia pun mulai membangun kariernya dari bawah.

Selain Akmil, Maruli juga diketahui turut mengikuti sejumlah pendidikan lain. Beberapa di antaranya seperti Sesarcabif, Dik PARA, Seskoad Dikreg XLV, Sesko TNI, hingga Lemhannas RI.

Sepak terjang Maruli di militer terbilang memiliki karier moncer. Jenderal berdarah Batak ini sudah banyak menempati jabatan strategis di militer.

Salah satu contohnya adalah Danpaspampres periode 2018-2020. Setelahnya, Maruli juga diberikan kepercayaan sebagai Pangdam IX/Udayana (2020-2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)