Arti dan Makna Simbol Pohon Beringin dalam Sila ke-3 Pancasila

Selasa, 28 November 2023 - 11:53 WIB
loading...
Arti dan Makna Simbol Pohon Beringin dalam Sila ke-3 Pancasila
Pohon beringin dalam sila ke-3 Pancasila melambangkan keabadian, kekuatan, dan kesatuan. Foto/Tangkap Layar Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
A A A
JAKARTA - Pohon beringin merupakan simbol sila ke-3 Pancasila. Ada arti dan makna dari simbol pohon beringin dalam sila ketiga Pancasila yang berbunyi, “Persatuan Indonesia”.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dilambangkan seekor burung Garuda berwarna emas dengan bentuk perisai di bagian dada. Pada perisai tersebut, ada lima simbol yang melambangkan sila-sila dari dasar negara Pancasila.



Kelima simbol tersebut adalah bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng serta padi dan kapas. Berikut ulasan mengenai arti dan makna simbol pohon beringin sila ke-3 Pancasila.

Arti dan Makna Simbol Pohon Beringin dalam Sila Ke-3 Pancasila


Pohon beringin merupakan simbol dari sila ke-3 Pancasila, yaitu "Persatuan Indonesia." Simbol ini melambangkan keabadian, kekuatan, dan kesatuan.

Pohon beringin merupakan pohon yang besar dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai tempat untuk berteduh di bawahnya. Selain itu, pohon beringin memiliki akar kuat dan luas yang mencerminkan persatuan yang kokoh.



Seperti halnya akar yang saling terhubung, pohon beringin diartikan untuk melambangkan kerukunan, kesatuan, dan persatuan di antara beragamnya cabang dan daun-daunnya.

Hal tersebut menggambarkan negara Indonesia di mana semua masyarakat Indonesia saling bersatu dan “berteduh” di bawah naungan persatuan dan berdaulat.

Dalam konteks Pancasila, pohon beringin mengajarkan pentingnya persatuan di tengah perbedaan untuk membangun Indonesia yang kuat dan bersatu. Pohon beringin menunjukkan nilai keteguhan dan semangat pertumbuhan dengan kemampuannya untuk terus berkembang sepanjang waktu.

Nilai ini sejalan dengan pesan sila ke-3 Pancasila yang mengajak masyarakat Indonesia untuk memiliki semangat tangguh menghadapi rintangan, serta terus maju menuju perbaikan yang lebih baik.

Itulah ulasan mengenai arti dan makna simbol pohon beringin dalam sila ke-3 Pancasila. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)