Mahfud MD Berharap Pemilu dan Pilpres 2024 Berjalan Demokratis

Senin, 27 November 2023 - 15:18 WIB
loading...
Mahfud MD Berharap Pemilu dan Pilpres 2024 Berjalan Demokratis
Cawapres Mahfud MD. Foto/Selvianus Kopong
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD berharap Pilpres dan Pemilu 2024 berjalan demokratis dan bermartabat. Hal ini disampaikan seusai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum di Hotel Grand Sahid Jaya, Senin (27/11/2023).

Acara tersebut mengusung tema "Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat". Dalam rapat itu, ketiga pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024 secara kompak menandatangani komitmen untuk menaati peraturan dan perundang-undangan terkait Pemilihan Presiden 2024.

Mahfud MD mengatakan, penandatanganan komitmen bertujuan agar menjaga pemilu berjalan demokratis dan bermartabat. "Kami para paslon sudah menandatangani komitmen, mendeklarasikan komitmen untuk menaati perundangan- perundangan dalam rangka pemilu yang demokratis dan bermartabat," kata Mahfud MD.



Mahfud menyebut, tanda tangan ketiga pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024 ini merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan Bawaslu RI sebagai pengawas pemilu. Hal ini penting dalam rangka meminimalkan terjadinya kecurangan dalam proses pemilu.

Kata Mahfud, meski sudah ada tanda tangan komitmen atau moral ini, tidak menutup kemungkinan terjadinya kecurangan dalam setiap pemilu. "Saya dan tentu bagi semua, kami menandatangani sudah beratusan kali dilakukan di setiap pemilu, baik pemilu pusat dan pemilukada. Komitmen itu dilakukan dan masih banyak yang melanggar," katanya.

Namun, Mahfud menegaskan hal ini merupakan sebuah komitmen moral dan niat baik dari seluruh peserta pemilu agar tetap mengikuti seluruh peraturan dan perundang-undangan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Diketahui, Rakornas Sentra Gakkumdu dihadiri Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Ketua KPU Hasyim Asyhari, Ketua DKPP Heddy Lugito, perwakilan Kejaksaan, dan perwakilan Komisi Yudisial.

Tiga pasangan calon presiden-wakil presiden yakni Ganjar Pranowo- Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta petinggi partai politik juga hadir.

Tahapan Pemilu 2024 akan segera memasuki masa kampanye yang akan dimulai pada Selasa, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)