Rakor Gakkumdu Libatkan 3 Capres-Cawapres, Bawaslu Ingin Pemilu Berjalan Adil

Senin, 27 November 2023 - 10:53 WIB
loading...
Rakor Gakkumdu Libatkan 3 Capres-Cawapres, Bawaslu Ingin Pemilu Berjalan Adil
Rakor bertema Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan ketiga pasangan capres-cawapres 2024, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (27/11/2023). Rakor ini bertema Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh seluruh partai politik serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, Rakor ini merupakan rangkaian dan proses dijalani, demi terciptanya Pemilu adil dan makmur. Tanpa adanya kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu.

"Saya hormati dan hadir di sini, pasangan presiden nomor urut satu, nomor urut dua, dan nomor urut tiga, terima kasih atas kehadirannya," ujar Rahmat Bagja dalam sambutannya.



"Sebagai pimpinan atas Pemilu, dalam Rakornas selaku pengawas Pemilu, mengucapkan syukur atas kegiatan acara ini meningkatkan koordinasi dalam penegakan Pemilu," tambahnya.

Bagja menyebutkan, menyambut Pemilu 2024, baik Pilpres dan Pileg 2024, pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Bawaslu di daerah. Demi menegakan keadilan dalam gelaran Pemilu nantinya.

"Pemilu terdapat penegakan nota kesepahaman Gakkumdu telah melakukan koordinasi pusat dan daerah, pelatihan dan Panwas luar negeri oleh sentra Gakkumdu," jelas Bagja.

Oleh sebab itu, Bagja mempersilakan ketiga capres dan cawapres untuk melakukan kampanye selama 75 hari ke depan. Sehingga ia berharap, agar Pemilu berjalan dengan lancar, tanpa adanya kecurangan di dalam proses Pemilu.

"Tahun 2023 daftar Pemilu dan pencalonan kiranya tanggap 28 November kampanye peserta Pemilu seluas-luasnya dan ajang peserta menyakinkan Republik ini dengan menawarkan visi misi," ucap Bagja.

"Saya harap fungsi Bawaslu bisa dibantu peserta Pemilu, kami tidak menginginkan pelanggaran pada Pasal 280 KUHP, kami mengundang untuk menghadapi kerawanan yang bisa terjadi, Gakkumdu tindakan upaya hukum terakhir. Upaya pencegahan dan pengawasan dan menjadi titik tolak pengawasan Pemilu kali ini," tutur Bagja.

Dalam acara ini dihadiri Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Kapolri, Panglima TNI, Ketua KPU Hasyim Asyhari, Ketua DKPP, perwakilan Kejaksaan, perwakilan KY. Terlihat dihadiri pula Peserta Pemilu 2024 tiga pasangan calon yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta petinggi partai politik.

Sebagai informasi, tahapan Pemilu akan segera memasuki masa kampanye yang akan dimulai pada Selasa 28 November 2023 besok hingga 75 hari ke depan atau 10 Februari 2023 mendatang.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)