Truk ODOL Bikin Jalur Pantura Rusak, Yerry Tawalujan Perindo Kasih Saran Begini

Minggu, 26 November 2023 - 21:27 WIB
loading...
Truk ODOL Bikin Jalur Pantura Rusak, Yerry Tawalujan Perindo Kasih Saran Begini
Juru Bicara Nasional Partai Perindo Yerry Tawalujan angkat bicara soal kerugian negara hingga Rp20 triliun per tahun akibat rusaknya jalan raya jalur Pantura karena terlalu banyak dilintasi truk kelebihan kapasitas. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Nasional Partai Perindo Yerry Tawalujan angkat bicara soal kerugian negara hingga Rp20 triliun per tahun akibat rusaknya jalan raya jalur Pantura karena terlalu banyak dilintasi truk kelebihan kapasitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL). Yerry mengatakan, penanganan masalah di Jalan Pantura memerlukan ketegasan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan kepolisian untuk menindak truk ODOL yang melintas di Pantura.

"Pemerintah harus bertindak lebih tegas lagi mengawasi dan menindak truk-truk ODOL yang melintas di jalur Pantura. Dinas Perhubungan dan kepolisian tiap siang hari bahkan sampai malam perlu lakukan pengawasan ketat dan penindakan terhadap sopir-sopir truk ODOL yang bandel," kata Yerry dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/11/2023).

"Kalau perlu truk dan muatannya disita saja sekalian. Karena ini selain untuk penghematan uang negara, juga untuk keselamatan kendaraan lain pengguna jalan jalur Pantura," tambah Yerry.





Ketua DPP Partai Perindo Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat yang maju sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Sulawesi Utara ini menilai kerugian negara Rp20 triliun per tahun untuk memperbaiki jalur Pantura yang selalu rusak akibat dilalui truk-truk ODOL harus segera dihentikan.

"Bagaimana cara menghentikan kerugian uang negara akibat harus selalu perbaiki jalur Pantura yang rusak? Yah truk-truk ODOL itu yang harus dikandangkan, tidak boleh lalu lalang di jalur Pantura," ujarnya.

Kerugian akibat rusaknya jalan raya jalur Pantura, lanjut Yerry, bukan hanya dialami pemerintah tapi juga pengguna jalan yang lain. Mobil-mobil dan kendaraan lain akan cepat rusak jika melewati jalur jalan rusak dan berlubang di jalur Pantura.

Demikian juga dengan faktor keselamatan berkendara. Semakin rusak jalannya, semakin tinggi bahaya yang mengancam keselamatan pengendara kendaraan, khususnya di malam hari.

"Kami meminta pos-pos jembatan timbang itu harus difungsikan dengan benar dan disiplin. Jangan ada pungli untuk meloloskan truk ODOL bebas lewat," lanjut Yerry.

Yerry juga meminta pemerintah untuk menata kembali tata kelola distribusi logistik supaya memakai jalur laut lewat kapal barang dan lewat kereta api. Jangan hanya lewat jalan raya.

"Pemerintah perlu mengatur kembali supaya pengiriman barang atau logistik di pulau Jawa tidak hanya lewat jalur jalan raya dengan mengandalkan angkutan truk saja. Pakai juga kereta api barang dan angkutan kapal laut, supaya bebannya terbagi,” ujarnya.

“Dengan demikian kerugian negara karena harus selalu perbaiki Jalur Pantura dapat ditekan. Keselamatan pengendara lain pengguna jalan Pantura juga bisa lebih terjamin," pungkas Yerry.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)