Jokowi Beberkan Alasan Pilih Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Sementara

Sabtu, 25 November 2023 - 17:12 WIB
loading...
Jokowi Beberkan Alasan Pilih Nawawi Pomolango Jadi Ketua KPK Sementara
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada media usai menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasionaol di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Sabtu (25/11/2023). FOTO/MPI/JONATHAN SIMANJUNTAK
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Firli Bahuri dari jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebagai penggantinya Jokowi juga mengangkat Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

"Ya sudah saya tanda tangani tadi malam, dan saya kira sudah tahu semuanya, memang aturannya seperti itu," kata Jokowi usai menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasionaol di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Sabtu (25/11/2023).

Jokowi mengungkap banyak pertimbangan yang menjadi dasar pemilihan Nawawi Pomolango. Namun, Jokowi enggan merinci alasan-alasan tersebut, ia hanya menyebut bahwa Nawawi terpilih dari tiga kandidat lainnya.



"Banyak pertimbangan, memang pilihannya ada empat tetapi apa pun kita harus memilih satu, nggak mungkin empat-empatnya kita pilih," ucapnya.

Presiden berharap agar KPK berjalan baik hingga terpilih ketua baru nantinya. "Semoga KPK berjalan dengan baik sampai nanti terpilih ketua yang baru," katanya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres mengenai pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK. Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK," kata Ari dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).



Keppres tersebut, kata Ari, ditandatangani oleh Presiden Jokowi langsung saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma usai kunjungan kerjanya ke Papua dan Kalimantan, beberapa hari yang lalu.

"Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat malam, 24 November 2023, setiba dari kunjungan kerja dari Kalimantan Barat," kata Ari.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)