Dua Tantangan Golkar Setelah Setya Novanto Ditahan KPK

Sabtu, 25 November 2017 - 14:05 WIB
Dua Tantangan Golkar Setelah Setya Novanto Ditahan KPK
Dua Tantangan Golkar Setelah Setya Novanto Ditahan KPK
A A A
JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto melihat ada dua tantangan yang dihadapi Partai Golkar saat ini. Tantangan itu terkait persoalan internal partai berlambang pohon beringin tersebut.

Pertama, kata dia, terkait basis struktur partai. "Ada problem proses komunikasi di internal," ujar Gun Gun dalam acara diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Beringin Diterpa Angin' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2017).

Lalu, yang kedua adalah bagaimana Partai Golkar mengelola kepercayaan masyarakat. Terlebih, ada harapan dari masyarakat kepada Partai Golkar.

"Tentu berhubungan dengan hope. Konflik yang terjadi antar elite, bisa menyebabkan rontoknya elektabilitas Partai Golkar," katanya. (Baca Juga: Dedi: Golkar Pernah Berdarah-darah Setelah Orde Baru Lengser
Selain itu, kata dia, ada agenda nasional besar yang bakal dihadapi Partai Golkar ke depan. Maka itu, para elite Partai Golkar harus bisa menangani tantangan itu.

"Proses itu tahapannya sudah mulai, seperti kandidasi di internal, Januari ada pendaftaran resmi di KPU, berhimpitan dengan agenda nasional di pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres)," bebernya.

Sekadar diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penahanan terhadap Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4978 seconds (0.1#10.140)