165 Peserta dari Lima Benua Ikuti Prakualifikasi MTQ Internasional

Sabtu, 25 November 2023 - 11:12 WIB
loading...
A A A
"Banyaknya peserta yang mengikuti Pra Kualifikasi MTQ Internasional membuktikan antusiasme negara-negara di berbagai belahan dunia," ungkapnya.

Sementara itu, Ahmad Zayadi dalam laporannya menyampaikan tahapan penyelenggaraan MTQ Internasional. "Pertama masa pendaftaran, seluruh peserta terlibat wajib mengisi formulir dan mengirimkan video dengan durasi yang telah ditentukan. Kedua tahap Pra Kualifikasi pada 24 hingga 26 November," Paparnya.

Prakualifikasi MTQ Internasional ke-4, imbuh Zayadi, terdiri dari dua kategori, yaitu cabang Tilawah diikuti 57 peserta terdiri 12 perempuan dan 45 laki-laki. Sedangkan kedua, kategori Tahfizh (hafalan) diikuti 108 peserta terdiri 25 perempuan dan 83 laki-laki.

"Semua peserta akan tampil secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka akan dinilai dan diseleksi oleh Dewan Hakim berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia," ungkapnya.

Selanjutnya, tahap kandidat terpilih yang lolos kualifikasi diundang ke Indonesia untuk mengikuti tahap Grand Final dan terakhir identifikasi lokasi dan venue kompetisi serta koordinasi dengan beberapa pihak juri internasional.

Zayadi juga menambahkan, gelaran MTQ Internasional merupakan momen penting bagi umat Islam untuk menebarkan pesan-pesan Al-Qur’an kepada dunia.

"Melalui ajaran Al-Qur’an, Islam mengajak masyarakat dunia untuk bersatu membangun perdamaian dan menjauhi praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan," tutupnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2699 seconds (0.1#10.140)