Puan Berharap Panglima TNI Agus Subiyanto Pastikan Netralitas Prajurit di Pemilu 2024

Rabu, 22 November 2023 - 21:44 WIB
loading...
Puan Berharap Panglima TNI Agus Subiyanto Pastikan Netralitas Prajurit di Pemilu 2024
Ketua DPR Puan Maharani memberikan selamat kepada Jenderal Agus Subiyanto usai dilantik sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023) pagi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menghadiri pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023) pagi. Puan berharap, Agus dapat memastikan netralitas TNI di Pemilu 2024.

"Pergantian Panglima TNI kali ini dilakukan jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Saya berharap kepemimpinan Jenderal Agus dapat semakin memastikan netralitas TNI, baik pada Pileg maupun Pilpres," kata Puan.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu meyakini Agus Subiyanto dapat memastikan prajurit TNI memegang teguh tanggung jawab dalam pengamanan Pemilu 2024.



"Kami percaya Jenderal Agus dapat membawa prajurit TNI teguh pada tugas dan tanggung jawabnya untuk membantu pengamanan Pemilu tanpa terlibat dalam politik praktis," katanya.

Demi terciptanya pemilu damai, jujur dan adil, kata Puan, diperlukan sikap netral dari seluruh aparat negara, termasuk TNI. Ia berharap Agus dapat menjadi sosok yang tepat untuk tegas menjaga disiplin prajurit.

"Dengan begitu, cita-cita bersama akan adanya Pemilu yang gembira, damai, dan adil bisa tercapai. Agar bagaimana TNI dapat membantu terciptanya kondusivitas pelaksanaan Pemilu, sehingga tidak muncul ketegangan yang dapat memecah-belah persatuan bangsa," tegas Puan.

Puan menyoroti posko pengaduan netralitas TNI yang digagas oleh Laksamana Yudo Margono. Puan berharap Agus bisa melanjutkan estafet komitmen pimpinan TNI untuk menjaga pesta demokrasi berjalan dengan kondusif.



"Jenderal Agus harus bisa melanjutkan komitmen Laksamana Yudo, agar tidak ada anggota TNI yang terlibat dalam eskalasi politik. Dengan adanya posko aduan, kami harap dapat mempermudah pimpinan TNI untuk memonitor anggotanya," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)