MER-C Konfirmasi 3 WNI Relawan RS Indonesia di Gaza Sehat, Menunggu Evakuasi

Rabu, 22 November 2023 - 20:41 WIB
loading...
MER-C Konfirmasi 3 WNI Relawan RS Indonesia di Gaza Sehat, Menunggu Evakuasi
Ketua Presidium MER-C Indonesia, Sarbini Abdul Murad, dalam konferensi pers di Kantor Pusat MER-C, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023). FOTO/MPI/RIFQI HERJOKO
A A A
JAKARTA - Medical Emergency Rescue Committee ( MER-C ) Indonesia baru saja mengonfirmasi kondisi terkini tiga Warga Negara Indonesia (WNI) relawan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Ketiganya yakni Reza, Fikri, dan Farid, dalam kondisi sehat dan sedang menunggu evakuasi.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Presidium MER-C Indonesia, Sarbini Abdul Murad, dalam konferensi pers di Kantor Pusat MER-C, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023). MER-C meluruskan kabar yang beredar bahwa dua WNI ditahan oleh Israel.

"Kami ingin mengklarifikasi sekitar jam setengah 6 (17.30 WIB) kami mendapatkan kontak dari sumber kami dan kami juga langsung bisa berkomunikasi dengan Reza. Kami sempat bicara dengan mereka," kata Sarbini kepada awak media.



"Reza mengatakan mereka bertiga di RSI Gaza dalam kondisi sehat dan sedang menunggu proses evakuasi ke selatan. Mereka ditemani 600 warga yang masih berada di RS Indonesia menunggu evakuasi ke selatan," katanya.

Sarbini menjelaskan, ketiga WNI itu telah hilang kontak selama 10 hari. MER-C merasa bahagia mengetahui ketiga relawan itu dalam kondisi aman.

Belum lama ini, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) juga mengungkapkan tiga WNI di Gaza yang sempat dikabarkan hilang kontak dalam kondisi baik. Mereka akan segera dievakuasi ke selatan.

"Kemlu telah memverifikasi langsung berita mengenai penangkapan 2 WNI relawan di RS Indonesia oleh IDF," ujar Juru Bicara Kemlu Lalu Muhammad Iqbal, Rabu (22/11/2023).



"Menurut sumber langsung di Gaza, ketiga WNI relawan saat ini dalam kondisi baik dan masih berada di RS Indonesia. Ketiga WNI relawan tersebut tengah bersiap-siap untuk evakuasi ke Gaza Selatan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)