Deretan Danpaspampres yang Kariernya Melejit Jadi Panglima TNI, Terbaru Ada Agus Subiyanto

Selasa, 21 November 2023 - 21:41 WIB
loading...
Deretan Danpaspampres yang Kariernya Melejit Jadi Panglima TNI, Terbaru Ada Agus Subiyanto
Ada sejumlah Danpaspampres yang kariernya melejit menjadi Panglima TNI. Terbaru ada Jenderal TNI Agus Subiyanto. Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Danpaspampres yang kariernya melejit menjadi Panglima TNI . Terbaru, ada Jenderal TNI Agus Subiyanto yang akan dilantik sebagai Panglima TNI pada Rabu (22/11/2023).

Paspampres merupakan pasukan yang bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya. Pasukan tersebut dipimpin seorang komandan yang dikenal Komandan Paspampres (Danpaspampres).

Dalam riwayatnya, jabatan tersebut telah diisi oleh sejumlah perwira tinggi yang berbeda. Dari sekian namanya yang ada, terdapat sejumlah Danpaspampres yang berlanjut menjadi Panglima TNI.

Deretan Danpaspampres yang Kariernya Melejit Menjadi Panglima TNI


1. Endriartono Sutarto

Deretan Danpaspampres yang Kariernya Melejit Jadi Panglima TNI, Terbaru Ada Agus Subiyanto


Jenderal TNI (Purn.) Endriartono Sutarto merupakan salah satu purnawirawan perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia. Saat aktif di kemiliteran, ia banyak diamanahi sejumlah jabatan penting.



Mengutip informasi dari e-book ‘Profil Kepala Staf Angkatan Darat Ke-1 sd Ke-26’ yang diterbitkan Dinas Sejarah Angkatan Darat, Jenderal TNI Endriartono Sutarto diketahui lahir di Purworejo pada 29 April 1947.

Usai menyelesaikan pendidikan SMA, Endriartono memutuskan untuk masuk AKABRI dan lulus pada tahun 1971. Selain pendidikan tersebut, ada sejumlah pendidikan militer lain yang pernah ia ikuti.

Beberapa di antaranya seperti Sussarcabif (1971), Mos Paharjas (1972), Sus Bahasa Inggris (1975), Airborne USA (1977), Ranger USA (1977), Pathfinder USA (1977), Suslapaif (1982), Seskoad (1985), Sesko ABRI (1993), hingga Lemhannas (1995).

Endriartono Sutarto menutup kariernya dengan pangkat bintang empat alias Jenderal TNI. Sepanjang kariernya ia pernah menjadi Komandan Paspampres periode 1997 hingga 1998.

Tak berlangsung lama, karier moncernya pun mulai mencuat. Ia berhasil menduduki jabatan sebagai KSAD periode 2000-2002 dan menjadi Panglima TNI hingga tahun 2006.

2. Andika Perkasa

Deretan Danpaspampres yang Kariernya Melejit Jadi Panglima TNI, Terbaru Ada Agus Subiyanto


Selanjutnya ada Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa yang merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1987. Sama halnya dengan jenderal Endriartono, Andika juga telah banyak menempati posisi penting.



Jenderal Andika Perkasa mulai menjajal jabatan penting sejak tahun 2013. Pada saat itu, dirinya pecah bintang pertama saat ditunjuk untuk menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad).

Kemudian Andika naik pangkat menjadi bintang dua ketika menjabat Komandan Paspampres. Tak lama setelahnya, kariernya semakin melejit hingga menjadi KSAD dengan pangkat bintang empat.

Terhitung sejak tahun 2021, Andika Perkasa kemudian ditunjuk menjadi Panglima TNI. Waktu itu ia menggantikan posisi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang sudah memasuki usia pensiun.

3. Agus Subiyanto

Deretan Danpaspampres yang Kariernya Melejit Jadi Panglima TNI, Terbaru Ada Agus Subiyanto


Agus Subiyanto adalah seorang perwira tinggi TNI AD yang telah ditetapkan sebagai Panglima TNI oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada 21 November 2023. Ia menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023.

Sebelum menjadi Panglima TNI, Agus Subiyanto menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sejak 25 Oktober 2023. Ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka setelah mendapat persetujuan dari DPR.

Sebelumnya, Panglima TNI yang akan dilantik ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Komandan Korem 061/Surya Kencana, Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri, dan Komandan Korem 132/Tadulako.

Selain itu, Jenderal TNI kelahiran Cimahi 5 Agustus 1967 ini juga memiliki latar belakang sebagai prajurit Kopassus, yang merupakan satuan elite TNI AD yang bergerak di bidang operasi khusus.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)