Letnan Jenderal yang Bertugas di Mabes TNI sejak 2023, Nomor 2 Lumpuhkan Teroris Ali Kalora

Senin, 20 November 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Jenderal bintang 3 diraih Bambang Ismawan ketika dipromosikan menjadi Komandan Kodiklat TNI pada 2021. Dua tahun menjadi Dankodiklat TNI, ia kemudian diberi amanah baru mengembang Kasum TNI sejak 1 Februari 2023.

Sebagai seorang tentara cemerlang, Bambang juga mengikuti sederet pendidikan militer di luar Akmil. Di antararanya Sesarcabif, Komando, Dik PARA, Dik PARA Utama, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Sesko TNI hingga Lemhannas.

2. Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, SH, MM

Letnan Jenderal yang Bertugas di Mabes TNI sejak 2023, Nomor 2 Lumpuhkan Teroris Ali Kalora

FOTO/TNI AD

Selanjutnya ada Richard Taruli Horja Tampubolon, Pati TNI AD berpangkat Letnan Jenderal yang bertugas di Mabes Polri sejak 2023. Abituren Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus) itu saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Pengangkatan Richard Taruli Horja Tampubolon menjadi Pangkogabwilhan III didasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkogabwilhan III dari Letjen TNI Agus Suhardi kepada Letjen TNI Richard TH Tampubolon dilaksanakan di Lapangan GOR A Yani Denma Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, 28 Juli 2023.

Parwira Tinggi (Pati) TNI AD yang akrab disapa Richard Tampubolon ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Karier militernya banyak dihabiskan di Kopassus. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Pabandya Lid Sintel Kopassus, Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadan Grup 2/Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2/Kopassus, dan Komandan Grup 3/Kopassus.

Selain itu, Richard juga harus kembali ke satuan asalnya usai menyandang pangkat Brigadir Jenderal pada 2017 untuk menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus. Sebelumnya, ia sempat ditunjuk menjadi Danrindam VI/Mulawarman.

Setahun sebagai Wadanjen Kopassus, Richard Tampubolon dimutasi menjadi Kasdam VI/Mulawarman. Ia akhirnya pecah bintang dua ketika dipromosikan menjadi Kaskogabwilhan I pada 2019. Kemudian ia dipercaya menjadi Dankoopsus TNI pada 2020.

Saat mengemban jabatan itu, Richard membentuk Koopsgabsus TNI yang bertugas memburu tokoh Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora di pedalaman hutan dan pegunungan Poso, Sigi, dan Parimo, Sulawesi Tengah. Selama diterjunkan, pasukan yang memiliki daya gempur serta jelajah tinggi ini mampu melumpuhkan sejumlah anggota teroris. Terbukti, sepanjang 2021 Koopsgabsus berhasil menembak mati tujuh DPO teroris Poso, termasuk Ali Kalora.

Sukses melumpuhkan kelompok teroris MIT Poso, Richard dimutasi menjadi Pangdam XVI/Pattimura. Setahun kemudian, prajurit Kopassus itu pecah bintang 3 setelah dipromosikan menjadi Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad) pada 2022.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Letjen TNI Richard Tampubolon dimutasi menjadi Pangkogabwilhan III. Komando Utama Operasi ini berkedudukan di Timika, Papua dengan wilayah pertahanan darat, laut, udara meliputi Kepulauan Maluku Utara dan Pulau Papua.

3. Letjen TNI Eko Margiyono, MA

Letnan Jenderal yang Bertugas di Mabes TNI sejak 2023, Nomor 2 Lumpuhkan Teroris Ali Kalora

FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE MABESAD
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)