KA Probowangi Tabrak Minibus di Lumajang, Ini Tanggapan KAI

Senin, 20 November 2023 - 00:16 WIB
loading...
KA Probowangi Tabrak Minibus di Lumajang, Ini Tanggapan KAI
Sebuah minibus tertabrak Kereta Api (KA) Probowangi di wilayah Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Minggu (19/11/2023). Foto/Tangkapan Layar/Akun X @alfauzimessi
A A A
JAKARTA - Kereta Api (KA) Probowangi relasi Ketapang–Surabaya Gubeng menabrak kendaraan Elf di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023). Lokasi kecelakaan tepatnya di perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang berada di kilometer 137+9 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Klakah.

Pelaksana harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo menyebut, akibat peristiwa itu, KA Probowangi sempat berhenti untuk pemeriksaan. Setelag sudah dipastikan aman, kereta melanjutkan perjalanan.

"Akibat dari peristiwa tersebut KA Probowangi mengalami kelambatan 13 menit berangkat dari lokasi," kata Anwar dalam keterangan, Minggu (19/11/2023).



Anwar menuturkan, peristiwa itu terjadi 19.53 WIB. Elf yang tertabrak KA Probowangi mengalami kerusakan cukup parah. Sementara untuk korban, menurutnya telah dilakukan evakuasi oleh warga sekitar dibantu petugas kepolisian.

"Sedangkan untuk minibus dan penumpangnya dievakuasi oleh petugas kepolisian bersama warga," katanya.

KAI menyesalkan terjadinya insiden tersebut dan mengimbau masyarakat pengguna kendaraan yang akan melintas di perlintasan sebidang KA, agar selalu berhati-hati. Sebab sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114, Pengguna jalan wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

"Pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri serta memastikan tidak ada kereta yang mendekat,” tutup Anwar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3732 seconds (0.1#10.140)