Survei IPO: Partai Perindo Lolos Parlemen, Faktornya Peduli dengan Rakyat

Minggu, 19 November 2023 - 21:59 WIB
loading...
Survei IPO: Partai Perindo Lolos Parlemen, Faktornya Peduli dengan Rakyat
Partai Perindo berpotensi lolos menuju parlemen alias mendapatkan bangku di DPR, Senayan. Hal ini berdasarkan survei Indonesia Political Opinion (IPO). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) berpotensi lolos menuju parlemen alias mendapatkan bangku di DPR, Senayan. Hal ini berdasarkan survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang dilakukan pada 10-17 November 2023.

Elektabilitas Partai dengan nomor urut 16 pada Pemilu 2024 ini bahkan mengalahkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah menyatakan bahwa Perindo menjadi satu-satunya Partai non Parlemen yang lolos ke Senayan. Perindo mengantongi elektabilitas 4,1 Persen.

"Angka 4,1 persen itu melebihi ambang batas 4 persen. Kemudian, PAN elektabilitasnya 6,4 persen menyalip elektabilitas PKS 5,8 persen," tegas Dedi dalam keterangannya, Minggu (19/11/2023).



Kata dia, faktor yang mempengaruhi Perindo lolos ke Parlemen yakni karwma lebih promosi ke publik soal kepedulian sosial kepada masyarakat yang masif.

"Partai Perindo diingat sebagai partai yang banyak membantu masyarakat utamanya bidang ekonomi, dan pertanian masyarakat. Tema kerja politik tersebut membuat Perindo dipilih," ucapnya.

Dedi memaparkan, sepanjang periode survei Juni hingga November 2023 yang dilakukan IPO, Perindo pada posisi stabil, yakni berada di urutan ke-9 menyingkirkan PPP.

Sedangkan elektabilitas PAN naik dibandingkan hasil survei IPO sebelumnya. Untuk periode November 2023, PAN menempati posisi ke-6 (6,4 persen) atau naik satu tingkat dibandingkan survei IPO pada periode Juni 2023 dengan hasil elektabitas PAN 5,0 persen (posisi ke-7).

Dia menuturkan, untuk elektabilitas PAN yang meningkat dan menyalip PKS di antara faktornya yakni PAN mendapat respon positif publik karena meningkatnya popularitas. Dengan tambahan responden milenial hingga total 1.400 responden, kata Dedi, membuat PAN dikenal sekaligus dipilih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3243 seconds (0.1#10.140)