KSAD Berikan Tali Asih ke Ponpes Sulaimaniyah dan Panti Asuhan Dayah Nurul Huda Aceh

Sabtu, 18 November 2023 - 11:26 WIB
loading...
KSAD Berikan Tali Asih ke Ponpes Sulaimaniyah dan Panti Asuhan Dayah Nurul Huda Aceh
Anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) membagikan tali asih ke ponpes di Aceh atas perintah dari KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan tali asih kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Sulaimaniyah, Sabang dan Panti Asuhan Dayah Nurul Huda, Desa Ajee Cut, Banda Aceh.

Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva menjelaskan, pemberian bantuan ini merupakan pelaksanaan Program Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial Spaban 1 Sintelad sekaligus implementasi UU TNI No. 34 Tahun 2004 sub Pasal 12 yaitu membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

”Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari implementasi 8 Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” ujarnya, Sabtu (18/11/2023).

Tidak hanya itu, lanjut dia, pemberian tali asih juga merupakan perwujudan dari Perintah Harian KSAD yaitu, TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apa pun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi serta melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD.

“Bantuan tali asih kali ini melibatkan enam gadis solehah asli Aceh. Mereka sangat tangguh dan berwawasan luas sehingga mau mengorbankan diri untuk bergabung dalam kegiatan sosial melayani masyarakat,” ujarnya.



Keenam gadis solehah tersebut terdiri dari dua anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) yakni, Serda (K) Rini Miya Fikrita dan Serda (K) Jihan Alvani Aziz serta empat mahasiswi Aceh sebagai relawan. Mereka adalah Jihan Bahira dan Tirta Fitrya, mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Muhammadiyah Banda Aceh. Serta Raysa Ayu dan Natasya Dihandra.

”Para gadis tangguh ini dengan sukarela tanpa pamrih ikut membantu kegiatan bantuan tali asih dari Jenderal TNI Agus Subiyanto demi kepentingan masyarakat sekitarnya,” katanya.

Pengorbanan keenam gadis tangguh ini mengingatkan kembali kepada pahlawan nasional yaitu, Cut Nyak Dien yang terkenal berkat kegigihannya melawan Belanda saat perang Aceh dan Raden Ajeng Kartini, yang berjuang untuk kesetaraan hak perempuan dan hak perempuan untuk meraih Pendidikan.

“Jadi perjuangan untuk mengisi bangsa ini bukan hanya dipelopori oleh kaum laki-laki semata namun peran kaum wanita juga sangat berpengaruh dalam membangun negara kita tercinta ini,” kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)