Firli Singgung Kapolda Metro Soal Dugaan Penyelewengan Pengadaan Sapi di Kementan

Selasa, 14 November 2023 - 14:14 WIB
loading...
Firli Singgung Kapolda Metro Soal Dugaan Penyelewengan Pengadaan Sapi di Kementan
Ketua KPK Firli Bahuri menyinggung eks Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang kini menjabat Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto soal dugaan penyelewengan pengadaan sapi di Kementan. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyinggung eks Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang kini menjabat Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Pernyataan tersebut terkait adanya aduan masyarakat (Dumas) tentang dugaan korupsi penyelewengan pengadaan sapi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang diterima sekitar Januari 2021. Namun aduan tersebut tak kunjung ada laporan kepada pimpinan KPK.

"Berdasarkan nota dinas dari Pak Plt Deputi, Pak Asep, pada tanggal 26 September 2023 dijelaskan bahwa tidak ada perkara lain, tetapi dari catatan persuratan bahwa ada perkara dugaan penyelewengan pengadaan sapi yang diterima oleh Dumas itu sekitar Januari 2021," kata Firli saat konferensi pers di kantornya, Selasa (14/11/2023).



Meski begitu, Firli menyebut belum menerima laporan terkait kasus tersebut. Pasalnya, pimpinan KPK akan mengetahui perkara yang bergulir di lembaganya setelah adanya gelar perkara atau ekspose.

"Nah, sampai tanggal 16 Januari 2023, tidak ada perkara SYL yang masuk ke pimpinan, walaupun ada di Dumas disampaikan ke Deputi Penindakan waktu itu Pak Kapolda Metro Jaya yang sekarang, itu yang perlu kita tanya. Jadi, sampai hari ini, kita tidak pernah menerima surat perintah penyelidikan terkait dengan perkara sapi tadi," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7041 seconds (0.1#10.140)