Momen Keakraban Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala Staf Dampingi Agus Subiyanto Jalani Fit and Proper Test

Senin, 13 November 2023 - 10:59 WIB
loading...
Momen Keakraban Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala Staf Dampingi Agus Subiyanto Jalani Fit and Proper Test
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri fit and proper test sebagai calon tunggal Panglima TNI, di Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023). Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon tunggal Panglima TNI, di Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023). Panglima TNI, Kapolri, dan para kepala staf 2 matra TNI ikut mendampingi.

Mereka yang turut mendampingi, yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali. Sesaat sebelum rapat fit and proper test, mereka terlihat berswafoto bersama seraya kompak memberikan tos untuk mendukung Agus.

Terlihat Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dan Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya. Setelah rapat dimulai, perwira tinggi yang sebelumnya mendampingi keluar dari ruang rapat.


Agus akan memaparkan visi-misinya selama 30 menit di hadapan Komisi I DPR RI. Agus sebelumnya menyatakan akan membuat TNI yang Prima, yakni Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif.

“Dalam rangka membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya gempur guna mengatasi dan menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan dan tantangan yang membahayakan integritas bangsa dan negara,” kata Agus, Senin (13/11/2023).

Sebagai informasi, Agus dilantik menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun. Kurang dari sepekan menjabat KSAD, namanya langsung dicalonkan sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jikalolos dalam uji kelayakan dan kepatutan kali ini, maka Agus akan mengganti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Adapun Yudo akan memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)