Pemerintah Gandeng Influncer Terus Suarakan Pemberitaan Positif Pembangunan IKN

Sabtu, 11 November 2023 - 15:55 WIB
loading...
Pemerintah Gandeng Influncer Terus Suarakan Pemberitaan Positif Pembangunan IKN
Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara Achmad Jaka Santos Adiwijaya dalam Kegiatan Temu Influencer Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN dikutip Sabtu (11/11/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah milik seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pemberitaan positif mengenai IKN harus disebarkan ke seluruh lapisan masyarakat. Influencer menjadi salah satu medium untuk meneruskan informasi kepada para generasi muda.

“Peran influencer di era informasi seperti saat ini sangat penting karena bisa memberikan informasi yang diperlukan oleh publik. Masih banyak masyarakat yang belum memahami atau belum mendapatkan informasi yang cukup tentang IKN,” ujar Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara, Achmad Jaka Santos Adiwijaya dalam keterangannya, Sabtu (11/11/2023).

"Masyarakat saat ini lebih memilih dan lebih percaya informasi yang diberikan oleh orang-orang yang mereka follow. Inilah mengapa influencer memiliki peranan penting dalam sosialisasi IKN," sambungnya.



IKN merupakan simbol kebesaran bangsa Indonesia yang dibangun menjadi Ibu Kota yang inklusif, hijau, smart, dan berkelanjutan dengan mencerminkan identitas nasional. Sebagai kota yang inklusif, partisipasi masyarakat sangat penting dalam pembangunan IKN.

Seluruh masyarakat Indonesia dapat memberikan suaranya melalui sarana konsultasi publik, musyawarah, kemitraan, penyampaian aspirasi, dan/atau keterlibatan lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Selain peran dan partisipasi masyarakat, rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur tentunya harus dibarengi dengan pengelolaan strategi komunikasi publik yang baik. Ada begitu banyak aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pemindahan IKN, seperti aspek sosiologis, aspek geografis, aspek geopolitik, aspek ekonomi, dan lain-lain. Ke depannya, semua aspek tersebut akan terus menjadi isu perbincangan di masyarakat,” jelas Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo, Septriana Tangkary.

Kegiatan Temu Influencer “Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN”, menjabarkan progres pembangunan IKN kepada para influencer yang hadir.

“Sekarang kita ada di tahap pemindahan awal IKN. Hingga tahun 2024 akan dibangun infrastruktur dasar yang utama, seperti penyediaan air minum, ketenagalistrikan, TIK,pengelolaan sampah, dan air limbah. Selain itu, juga dibangun sarana utama seperti Istana Kepresidenan, perkantoran, dan perumahan,” terang Ketua Satgas PelaksanaanPembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga.

Danis menambahkan tujuan pembangunan IKN bukan hanya sekadar membangun kawasan perkantoran pemerintah tetapi juga pengembangan sektor ekonomi prioritas. Bukan hanya memindahkan Ibu Kota Negara tapi juga membuat pusat ekonomi yang baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)