Letjen TNI Maruli Simanjuntak Siap Jika Dipilih Jadi KSAD

Jum'at, 10 November 2023 - 14:55 WIB
loading...
Letjen TNI Maruli Simanjuntak Siap Jika Dipilih Jadi KSAD
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak memberikan keterangan kepada media di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Senin (30/10/2023). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak siap jika dipilih menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD ). Jabatan KSAD akan kosong karena Jenderal TNI Agus Subiyanto diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Panglima TNI.

"Kita kan tentara, sudah masuk dalam kriteria, ya dinilai oleh atasan-atasan kita, ya kami harus siap," kata Maruli Simanjuntak usai upacara ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan 2023 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Menurutnya, setiap perwira tinggi TNI AD dengan pangkat bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI berhak mendapatkan posisi menjadi KSAD. Sebelum dipilih mereka juga akan diseleksi terlebih dahulu.



"Karena ini bukan pendaftaran, secara aturan bintang tiga punya kesempatan untuk jadi calon. Setelah dikriteria sekian orang, diseleksi lagi sekian orang, mungkin begitu," kata menantu Luhut Binsar Pandjaitan ini.

Maruli menegaskan kembali dirinya siap jika dia ditunjuk sebagai KSAD pengganti Jenderal TNI Agus Subiyanto. "Ya harus (siap)," katanya.

Sementara itu, Komisi I DPR hari ini dijadwalkan melakukan verifikasi administrasi terhadap calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Proses administrasi tersebut dilakukan dalam rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI.

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, pihaknya masih menunggu Mabes Polri mengirimkan berkas administrasi calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.



"Hari ini kita sedang menunggu berkas yang akan dikirimkan Mabes TNI dan sampai sekarang tadi masih belum. Jadi kita masih menunggu," kata Bobby di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023).

Bobby optimistis berkas admistrasi calon Panglima TNI akan dikirimkan oleh Mabes TNI pada hari ini. "Karena kita agendakan hari Senin acaranya (fit and proper test) dan setelah itu kita akan rapat internal dan setelah diputuskan pada pukul 17.00 akan dilakukan verifikasi faktual ke rumah yang bersangkutan di daerah Cilangkap," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)