Anak Muda Didorong Sajikan Konten Positif di Media Sosial

Kamis, 09 November 2023 - 18:51 WIB
loading...
Anak Muda Didorong Sajikan Konten Positif di Media Sosial
Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi digital tidak hanya memberi dampak posifit bagi kehidupan umat manusia, tapi juga memiliki ekses negatif. Banyak negara di dunia mengalami kekacauan lantaran penduduknya tidak mampu memfiltrasi informasi secara kritis dan bijak.

Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho mengatakan, Bangsa Indonesia perlu belajar dari berbagai negara yang sama-sama menghadapi tantangan di dunia digital.

"Banyak negara yang kemudian mengalami kekacauan, karena masyarakatnya tidak bisa menyaring konten hoaks yang datang, lalu ikut menyebarkan dan mempercayainya sebagai sebuah kebenaran. Dampaknya kemudian melahirkan polarisasi yang kuat bahkan akhirnya menuju pada dehumanisasi yang menjelekkan hingga menjatuhkan orang lain," kata Septiaji di Jakarta, Kamis (9/11/2023).



Menurutnya, isu-isu semacam itu sangat mudah dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu, apalagi menjelang Pemilu 2024. Karena itu, anak muda harus mau berkomitmen menjadi agen dan duta perdamaian. Mereka perlu mulai dari sekarang menentukan sikap tentang peran apa yang akan mereka ambil dalam mengusung perdamaian dan antihoaks.

Septiaji menambahkan, banyak cara menjadi agen perdamaian. Misalnya dengan menjadi content creator yang menyajikan narasi-narasi kebangsaan, kepercayaan, atau pun persaudaraan, dengan cara-cara yang asik. Para pemuda bisa turut serta membumikan konten positif dengan mengunggahnya di berbagai media sosial seperti TikTok dan Instagram. Mereka juga bisa ambil bagian dalam menyosialisasikan penggunaan media sosial secara langsung terhadap masyarakat sekitarnya.

Alumnus Technische Universitaet Muenchen ini menambahkan, pendekatan antihoaks yang dilakukan anak muda terhadap masyarakat bisa dilakukan di banyak kesempatan. Banyak acara keagamaan seperti pengajian, sekolah minggu atau di kesempatan lain yang banyak orang hadir, para agen perdamaian bisa menularkan pengetahuan mereka tentang indahnya toleransi.

"Ada banyak sekali momen ataupun kegiatan yang sebenarnya perlu kita datangi untuk menyosialisasikan ini. Bisa juga dengan cara bergabung menjadi relawan dari beberapa organisasi yang secara konsisten menyuarakan tentang bahayanya sebaran kebohongan dan kebencian, serta pentingnya berpikir kritis," katanya.

Septiaji mengungkapkan, harus diakui konflik Palestina-Israel adalah suatu kekejian yang sangat luar biasa. Imbas lainnya juga terjadi berbagai tekanan terhadap masyarakat yang menjadi kelompok minoritas di negara lain sebagai aksi solidaritas terhadap Palestina dan balasan terhadap Israel.

"Tapi seringkali hal semacam ini dibumbui dengan narasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kelompok radikal dan intoleran mengemas ini menjadi konten-konten yang dibuat untuk mengiring masyarakat, bahwa kamu harus memilih dan mendukung mereka," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)