Ingatkan TNI, Jokowi Kutip Ucapan Jenderal Sudirman

Kamis, 05 Oktober 2017 - 12:39 WIB
Ingatkan TNI, Jokowi Kutip Ucapan Jenderal Sudirman
Ingatkan TNI, Jokowi Kutip Ucapan Jenderal Sudirman
A A A
CILEGON - Presiden Joko Widodo mengatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah milik seluruh rakyat yang bertugas menjaga keutuhan nasional.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat hadir dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). (Baca juga: Terjebak Macet, Jokowi Jalan Kaki Menuju Lokasi Peringatan HUT TNI )

Jokowi mengaku teringat pesan Jenderal Besar Sudirman terkait jati diri TNI yang dinilai masih relevan untuk masa kini dan yang akan datang bahwa politik tentara adalah politik negara.

Politik TNI, sambung dia, politik negara dan loyalitas tentara hanyalah loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara.

"TNI adalah milik nasional, yang berdiri di atas semua golongan, yang tidak terkotak-kotak untuk kepentingan politik dan tidak masuk kancah politik praktis, yang selalu menjaga keutuhan nasional dan membangun kesatuan dan solidaritas anak bangsa dan antar komponen bangsa," tutur Jokowi.

Menurut dia, sejak kemerdekaan NKRI diproklamasikan telah banyak rongrongan dari dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam memperjuangkan dan menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI.

"Sekali lagi kita harus bersatu, TNI dengan institusi lain dalam pemerintahan dan dengan komponen bangsa yang lain. Harus bersinergi dan harus bersatu padu, solid dan harus saling bahu membahu," ucapnya.

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI atas profesionalisme, komitmen, dedikasi dan loyalitasnya dalam menjalankan tugas menjaga kutuhan NKRI.

"Saya sampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas komitmen seluruh jajaran TNI dalam memegang sumpah prajurit, dan dedikasi dalam menjalankan tugas-tugas berat yang penuh risiko dalam menjaga NKRI, Pancasila dan kewibawaan negara," ucapnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku bangga dan terkesima mendengar sumpah prajurit TNI untuk setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Ini adalah sumpah yang membanggakan, betapa besar dedikasi prajurit TNI kepada negara, yang membawa kemuliaan bangsa Indonesia," kata Jokowi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7102 seconds (0.1#10.140)