Naik Tank Amfibi, Presiden Jokowi Cek Pasukan Upacara HUT TNI

Kamis, 05 Oktober 2023 - 09:12 WIB
loading...
Naik Tank Amfibi, Presiden Jokowi Cek Pasukan Upacara HUT TNI
Presiden Jokowi inspeksi pasukan upacara HUT ke-78 TNI, bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menggunakan tank amfibi. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi pasukan upacara Hari Upacara Tahun (HUT) ke-78 TNI , bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menggunakan tank amfibi.

Jokowi tiba di Monas sekitar pukul 08.00 WIB. Jokowi tiba didampingi istrinya Iriana Jokowi dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Usai tiba di mimbar kehormatan, tidak lama Presiden pun langsung melakukan inspeksi pasukan dengan manaiki Tank amfibi BMP-3F milik Marinir TNI Angkatan Laut. Dalam inspeksi tersebut turut juga menemani Komandan Upacara Mayjen TNI Choirul Anam.

Tampak tank amfibi tersebut menghampiri Presiden dan Panglima TNI dari sebelah sisi kanan panggung. Presiden pun langsung menaiki tank tersebut, dan berjalan perlahan mengecek pasukan upacara.



Dalam upacara tersebut Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini yaitu "TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".

Perlu diketahui, Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. Adapun temanya yaitu TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.

Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 Boediono serta para menteri Kabinet Indonesia Maju.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)