Posisi Wakasad Kosong, KSAD Agus: Bisa Diisi Pangdam atau Bintang 3

Selasa, 07 November 2023 - 13:38 WIB
loading...
Posisi Wakasad Kosong, KSAD Agus: Bisa Diisi Pangdam atau Bintang 3
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan keterangan kepada media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2023). FOTO/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkap sosok pengganti Wakil KSAD ( Wakasad ). Menurutnya, jabatan itu diduduki oleh prajurit TNI yang mumpuni seperti Pangdam atau prajurit berpangkat bintang tiga.

"Iya lah pasti. Yang sudah eligible jadi Wakasad itu kan bisa dari para Pangdam, atau bintang tiga yang ada," kata Agus saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2023).

Kendati begitu, Agus mengklaim, pihaknya belum menunjuk prajurit yang akan mengisi jabatan tersebut. Apalagi, jabatan itu perlu persetujuan oleh Presiden Jokowi.



"Jadi gini (prosesnya), di intern kita dulu AD, kemudian ada pra-wanjakti, dibikin oleh Kasum biasanya. Kemudian setelah ada beberapa nama, baru dilaporkan ke Panglima TNI, Panglima TNI baru diusulkan ke presiden. Mekanismenya seperti itu," kata Agus.

Sekedar informasi, jabatan Wakasad kosong usai Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD pada Rabu (25/10/2023). Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan pensiun pada November 2023. Dudung pun resmi menyerahkan tongkat kepemimpinan TNI Angkatan Darat kepada Agus pada Jumat, 27 Oktober 2023.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)