Putuskan Hiatus dari Jurnalis, Aiman Witjaksono Jadi Jubir Ganjar-Mahfud

Senin, 06 November 2023 - 16:50 WIB
loading...
Putuskan Hiatus dari Jurnalis, Aiman Witjaksono Jadi Jubir Ganjar-Mahfud
Jurnalis dan penyiar berita televisi dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Aiman Witjaksono, resmi mengakhiri kariernya sebagai wartawan pada Sabtu (4/11/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Jurnalis dan penyiar berita televisi dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Aiman Witjaksono , resmi mengakhiri kariernya sebagai wartawan pada Sabtu (4/11/2023). Saat ini, Aiman menjadi juru bicara untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD.

Aiman mengatakan, ia memutuskan hiatus dari kegiatan jurnalistiknya, terutama sebagai Pemimpin Redaksi SindonewsTV, Wakil Pemimpin Redaksi iNews, dan juga sebagai Host dari The Prime Show With Aiman yang rutin tayang di iNews. "Iya betul, saya nonaktif dari segala kegiatan jurnalistik saya," kata Aiman.

Aiman memutuskan menghentikan aktivitasnya di bidang jurnalisme dengan tujuan menjaga integritas profesi yang mulia, yaitu jurnalis. Menurutnya, salah satu aspek kode etik dan peraturan dalam Undang-Undang Pers mengharuskan seorang jurnalis untuk menjaga independensinya.



Selain menjalankan tugas sebagai juru bicara Pasangan Ganjar Mahfud, Aiman juga merupakan calon anggota DPR dari Partai Perindo untuk wilayah pemilihan Jakarta Timur (DKI Jakarta 1). Pada Sabtu, 4 November 2023, KPU mengumumkan Daftar Calon Anggota Legislatif Tetap (DCT).

"Sesuai dengan komitmen saya ketika saya pertama kali bergabung dengan partai, jika nama saya muncul di Daftar Calon Anggota Legislatif Tetap (DCT), saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai wartawan," kata Aiman.

Profil Aiman Witjaksono

Aiman Witjaksono, yang lahir pada 8 Juli 1978 di Jakarta dan saat ini berusia 45 tahun, memiliki latar belakang pendidikan Teknik Industri dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Pada masa kuliah, dia aktif di organisasi HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Awalnya, Aiman dikenal sebagai seorang atheis sebelum memutuskan untuk berpindah agama menjadi Islam.

Pada tahun 2010, Aiman meraih gelar S2 Manajemen Komunikasi dengan fokus pada Politik dan Media Massa dari Universitas Indonesia (UI) dengan predikat cumlaude. Selain itu, dia memiliki minat dalam olahraga bela diri Taekwondo.



Selama masa SMA, Aiman pernah menjabat sebagai pimpinan OSIS di SMP 85 Jakarta dan Ketua MPK di SMA Negeri 34 Jakarta. Karirnya sebagai jurnalis dimulai pada 2002 di RCTI dan berlanjut hingga 2011. Setelah itu, dia mencoba berkarir di TVRI hingga tahun 2012.

Aiman kemudian bergabung dengan Kompas TV sebagai pembawa acara talk show yang membahas isu-isu terkini hingga 2022. Setelah itu, dia bergabung dengan grup MNC, khususnya di iNews, di mana dia menduduki berbagai posisi penting seperti Pemimpin Redaksi SindonewsTV, Wakil Pemimpin Redaksi iNews, dan menjadi pembawa acara The Prime Show.

Saat ini, Aiman tidak hanya menjadi juru bicara untuk pasangan Ganjar-Mahfud, tetapi juga akan fokus pada pencalonan sebagai anggota DPR dari Partai Perindo untuk daerah pemilihan Jakarta Timur (DKI Jakarta 1).

Namanya telah masuk dalam DCT yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meskipun telah memutuskan untuk mundur dari dunia jurnalistik sejak dia diusulkan sebagai calon legislatif oleh Partai Perindo, Aiman berkomitmen untuk tetap mempertahankan semangat jurnalis dengan terus mengungkap kebenaran.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)