Stafsus Presiden Dorong Pengujian Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Sabtu, 04 November 2023 - 09:46 WIB
loading...
Stafsus Presiden Dorong Pengujian Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono mendorong pentingnya fasilitas pengujian laboratorium baterai listrik di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono mendorong pentingnya fasilitas pengujian laboratorium baterai listrik di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat meninjau Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik (BBSPJIBBT) Kementerian Perindustrian di Bandung, Jumat, 3 November 2023.

Menurut Diaz, langkah itu dinilai perlu dilakukan guna mendorong industri kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, keberadaan fasilitas juga dapat mendorong perkembangan kemandirian teknologi pada inovasi di sektor ini.

"Fasilitas lab pengujian unit baterai kendaraan listrik perlu didorong untuk tersedia di Indonesia sehingga tidak bergantung pada fasilitas di negara lain,” ujar Diaz.

Keberadaan fasilitas ini pun dinilai selaras dengan visi Presiden Jokowi untuk mengembangkan potensi Indonesia pada industri kendaraan listrik.

Di sisi lain, lanjut Diaz, fasilitas ini pun dinilai dapat menjadi salah satu faktor yang menyempurnakan alur industri baterai kendaraan listrik di Indonesia.



"Rantai produksi dari kendaraan listrik idealnya dapat tersedia di Indonesia ke depannya secara keseluruhan, termasuk salah satunya fasilitas lab uji baterai kendaraaan listrik ini," katanya.

BBSPJIBBT sejauh ini telah memfasilitasi pengujian untuk baterai cell yang biasanya digunakan untuk powerbank, handphone, hingga laptop. Dengan kapasitas tersebut, fasilitas lab pengujian baterai kendaraan listrik berpotensi untuk dibangun di Indonesia.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)