Densus 88 Ungkap Kejadian Teror Menurun dalam 3 Tahun Terakhir

Kamis, 02 November 2023 - 08:09 WIB
loading...
Densus 88 Ungkap Kejadian Teror Menurun dalam 3 Tahun Terakhir
Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang didapat, terjadi penurunan kejadian teror dan pelaku tindak terorisme dalam tiga tahun terakhir. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang didapat, terjadi penurunan kejadian teror dan pelaku tindak terorisme dalam tiga tahun terakhir. Dia berharap Indonesia bebas dari peristiwa terorisme.

"Terdapat tren penurunan kejadian teror dan pelaku tindak pidana terorisme dalam 3 tahun terakhir," kata Aswin kepada wartawan, Kamis (2/11/2023).

Aswin menjelaskan, pada 2021 terdapat enam kejadian teror, kemudian pada 2022 ada satu. Lalu, tahun 2023 tidak ada kejadian teror hingga bulan Oktober.



"Dan kita berharap, tahun ini kita bisa menjaga agar negara kita bebas dari peristiwa teror," katanya.

Sebelumnya, Aswin Siregar membenarkan pihaknya menangkap sebanyak 40 orang dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) berencana mengganggu jalannya Pemilu 2024. Namun Aswin menegaskan bahwa tidak ada eskalasi aksi teror menjelang Pemilu 2024.

Kelompok-kelompok tersebut, kata Aswin, dicegah sebelum melancarkan aksinya. "Ini Densus 88 bisa memastikan bahwa tidak ada perubahan eskalasi ancaman yang harus kita khawatirkan. Tindakan-tindakan yang dilakukan adalah tindakan preemtif dan preventif, jadi tindakan yang dilakukan sebelum atau pada tahap persiapan," kata Aswin saat konferensi pers di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Jadi sebenarnya kalau kita menjelang ada peningkatan ancaman tidak ada peningkatan ancaman itu tapi kesiagaan di tahap persiapan ini dan sebelum persiapan dari kelompok-kelompok teror ini yang menjadi target utama kita. Kita tidak ingin lagi terjadi peristiwa dari aksi dulu baru kita bertindak makanya kita mencegah di depan," sambungnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)