Ganjar Pranowo Dorong Peningkatan Pariwisata Indonesia Lewat Infrastruktur hingga Ekowisata

Kamis, 02 November 2023 - 03:21 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Dorong Peningkatan Pariwisata Indonesia Lewat Infrastruktur hingga Ekowisata
Capres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa infrastruktur berperan penting dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa infrastruktur berperan penting dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia. Ia menilai keunikan kebudayaan setiap daerah sebagai daya tarik bagi pengunjung.

Ganjar menuturkan bahwa perbaikan infrastruktur merupakan langkah penting bagi wisata di Bali mengingat saat ini destinasi pariwisata di wilayah tersebut sudah semakin ramai.



"Jalan untuk penerbangan, pelabuhan, wabil khusus sistem transportasi di perkotaan, saya kira itu harus jadi perhatian," ujar Ganjar di hadapan para pengusaha di Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2023).

Tak hanya infrastruktur, mantan orang nomor 1 di Jawa Tengah itu menyebutkan bahwa bagian penting yang perlu diperhatikan adalah ekowisata. Hal itu menurutnya bertujuan guna menjaga kelestarian lingkungan.

"Sehingga kalau kita bicara Bali, mestinya mulai melakukan persiapan untuk penanganan dan pengelolaan 20 tahun ke depan sehingga kita bisa memproyeksi karena kunjungan makin banyak," jelasnya.

Kemudian, Ganjar menilai bahwa budaya juga berperan penting sebagai daya tarik pariwisata. Ia menilai budaya lokal yang unik merupakan faktor kunci dalam menarik wisatawan.

Menurutnya, bahwa wisatawan yang datang ke daerah tertentu untuk merasakan budaya khasnya, seperti yang terjadi di Bali, di mana budaya dan seni tradisional sangat hidup dan menarik minat wisatawan.

"Dengan kecepetan pariwisata tumbuh di Bali, memang mesti disiapkan aspek lingkungan, dukungan SDM bahkan sampai saya bilang, paket wisata dengan destinasi lain di luar Bali, sehingga orang yang dateng akan mendapatkan alternatif," tuturnya.

Untuk mendukung perkembangan seni dan budaya, Ganjar menekankan pentingnya kaderisasi hingga tingkat bawah. Ia melihat bahwa generasi muda Bali memiliki potensi besar untuk menjaga dan mengembangkan warisan budaya mereka.


Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa pengembangan pariwisata Indonesia membutuhkan kombinasi seimbang antara infrastruktur dengan pelestarian budaya lokal. Dengan begitu, Ganjar merasa yakin bahwa Indonesia bisa menjadi tujuan wisata yang menarik dan berkelanjutan.

"Sangat berpengaruh budaya. Budaya penting," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)