Penunjukan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Daftar Panjang Solo Connection Jokowi

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:08 WIB
loading...
Penunjukan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Daftar Panjang Solo Connection Jokowi
Presiden Jokowi menyodorkan nama KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi calon kuat Panglima TNI ke Komisi I DPR. Foto/tni.mil.id
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi calon kuat Panglima TNI ke Komisi I DPR. Dengan ditunjuknya Agus Subiyanto, Jokowi kembali mengambil menarik lingkaran orang saat masih menjabat Wali Kota Solo atau istilah lain 'Solo Connection'.

Agus Subiyanto pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta (2009-2011) saat Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo 2005-2012.

Dengan ditunjuknya Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI, menambah panjang daftar nama kalangan militer dan Kepolisan dari Solo yang ditunjuk untuk menemani dirinya di puncak karier politiknya.

Selain Agus, terdapat nama Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang juga satu angkatan dengan Agus di Akademi Militer (Akmil 1991). Listyo juga sempat menjadi Kapolres Surakarta pada saat Jokowi menjadi Walikota Solo.



Saat itu Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis pada tahun 2021.

Nama lain yang ditunjuk Jokowi ialah Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Panglima TNI tahun 2018. Diketahui Hadi saat itu juga merupakan Komandan Lanud Adi Soemarmo, lingkaran Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Tidak mau berpisah dengan Hadi, setelah pensiun menjadi TNI, Jokowi kembali menarik Hadi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Dia dilantik 2022 menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara pengamat militer dan pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie menyebut penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi calon Panglima TNI terkesan terburu-buru.

Sebab menurutnya, Laksamana TNI Yudo Margono tidak melakukan kesalahan apa pun. "Tapi kita tahu sendiri Yudo Margono masih aktif akan pensiun menjelang ulang tahunnya dan tidak melakukan kesalahan apa pun," kata Connie di Cemara 19 Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2549 seconds (0.1#10.140)