DPR Buka Kemungkinan Fit and Proper Test Calon Panglima Digelar Pekan Depan

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:01 WIB
loading...
DPR Buka Kemungkinan Fit and Proper Test Calon Panglima Digelar Pekan Depan
Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, fit and proper test calon Panglima TNI dimungkinkan digelar pada pekan depan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono kemungkinan akan dilakukan pada pekan depan. Untuk diketahui, pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin saat ditanya soal kapan Komisi I DPR akan segera menindaklanjuti Surpres tersebut dengan menggelar fit and proper test.

"Paling tidak, mungkin minggu depan ya," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Senin (30/10/2023).



Meski belum ada kepastian terkait waktu pelaksanaannya, purnawirawan Jenderal Bintang dua ini memastikan Komisi I DPR masih memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan proses fit and proper test.

"Kalau ngeliat masa pensiunnya, Pak Yudo itu pensiunnya 1 Januari. (Jadi) ya masih ada waktu," ujarnya.

Untuk diketahui, Komisi I DPR mengakui telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait penunjukan Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat dikonfirmasi perihal informasi tentang Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang mengantarkan Surpres siang ini.



"Betul (sudah dikirimkan Surpres Calon Panglima)," kata Meutya saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Senin (30/10/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)