Hasil Tes Kesehatan Ganjar-Mahfud: Mampu untuk Menjalankan Tugas sebagai Presiden dan Wapres

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 16:34 WIB
loading...
Hasil Tes Kesehatan Ganjar-Mahfud: Mampu untuk Menjalankan Tugas sebagai Presiden dan Wapres
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari dalam jumpa pers di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) telah menerima berkas pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pilpres 2024 dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dinyatakan mampu menjabat sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih di Pilpres 2024.

"Pasangan calon Ganjar Pranowo - Mahfud MD hasil pemeriksaannya disimpulkan bahwa dinyatakan mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Jumat (27/10/2023).

Hasyim menambahkan pasangan calon Ganjar-Mahfud juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba. "Kemudian juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," katanya.





Dia menuturkan bahwa pasangan lain yakni Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka memiliki hasil yang sama seperti pasangan Ganjar -Mahfud.

Tahapan selanjutnya, KPU akan mengumumkan penetapan capres cawapres pada Senin (13/11/2023). Setelah itu, dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon yang akan berlangsung pada Selasa (14/11/2023).

Sebelumnya, pasangan yang didukung Partai Perindo,Ganjar Pranowo -Mahfud MD telah selesai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Keduanya menjalani serangkaian tes mulai dari fisik hingga kejiwaan.

“Kita di tes dari THT semuanya, penyakit dalam semuanya, ada kejiwaan kita di tes, ada fisik treadmill, tadi jantung semuanya lengkap, darah semuanya, kompletlah,” kata Ganjar kepada wartawan, Minggu (22/10/2023).

Ganjar mengaku dirinya tidak mengalami kendala selama rangkaian pemeriksaan kesehatan yang diberikan kepadanya dan Mahfud MD. “Tidak, tidak (tidak ada kendala). Saya kira semuanya berjalan dengan sangat lancar, tadi kita sempat berkeringat saja, karena treadmill,” ucapnya.

Sebagai Informasi, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto selama sembilan jam. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Pilpres 2024.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3487 seconds (0.1#10.140)