Korut Luncurkan Rudal, AS dan Sekutunya Lakukan Simulasi Perang

Kamis, 31 Agustus 2017 - 22:58 WIB
Korut Luncurkan Rudal, AS dan Sekutunya Lakukan Simulasi Perang
Korut Luncurkan Rudal, AS dan Sekutunya Lakukan Simulasi Perang
A A A
TOKYO - Militer Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di Pasifik melakukan latihan udara bersama di atas Semenanjung Korea dengan simulasi komputer. Latihan ini dilakukan beberapa hari setelah Korea Utara (Korut) menambah eskalasi di Semenanjung Korea setelah menembakkan rudal di atas Jepang.

Latihan udara melibatkan dua pembom AS B-1B supersonik dan empat jet siluman F-35B AS di samping jet tempur Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. Latihan - yang menyertakan pembom bertenaga nuklir di semenanjung Korea - datang di ujung akhir latihan militer gabungan AS-Korsel.

Baca Juga: 4 Pesawat Tempur AS Muncul di Korea, China Tak Akan Biarkan Perang Pecah

"Tindakan Korut merupakan ancaman bagi sekutu, mitra, dan tanah air kita. Dan, tindakan destabilisasi mereka akan terpenuhi," ucap Jenderal AS Terrence J O'Shaughnessy, komandan Pasukan Udara Pasifik, dalam sebuah kunjungan tak terjadwal ke Jepang.

"Misi kompleks ini dengan jelas menunjukkan solidaritas kita dengan sekutu kita, dan menggarisbawahi kerja sama yang semakin luas untuk mempertahankan diri dari ancaman regional yang umum ini," sambungnya.

"Pasukan yang dikerahkan ke depan akan menjadi yang pertama berperang, siap memberikan respons yang mematikan pada saat pemberitahuan jika negara kita memanggil," tukasnya seperti dikutip dari Independent, Kamis (31/8/2017).

Korut secara terang-terangan menunjukkan kemajuan dalam upayanya untuk mengembangkan sistem persenjataan yang mampu meluncurkan rudal bertipe nuklir yang mampu menyerang AS, dan baru-baru ini mengancam Guam, sebuah wilayah AS.

Sebelum tes rudal di atas Jepang, intelijen mengindikasikan bahwa negara tersebut mampu menghasilkan hulu ledak nuklir mini yang bisa dimasukkan ke dalam rudal, dan Korut telah berulang kali menguji rudal balistik antar benua jarak jauh.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4323 seconds (0.1#10.140)