Jabat KSAD, Jenderal Agus Subiyanto Diharapkan Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Rabu, 25 Oktober 2023 - 19:07 WIB
loading...
Jabat KSAD, Jenderal Agus Subiyanto Diharapkan Jaga Netralitas di Pemilu 2024
Jenderal Agus Subiyanto telah dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023) pagi. Foto/tni.mil.id
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik dilantiknya Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang telah purnatugas. Ia pun berharap, Jenderal Agus dapat memimpin TNI AD untuk menciptakan pelaksanaan Pemilu 2024 agar damai.

"Atas nama pribadi dan atas nama DPR saya ucapkan selamat bertugas kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD yang baru. Semoga di bawah kepemimpinan Jenderal Agus, TNI AD semakin kuat, kompak dan tetap maju demi menjaga keutuhan NKRI," ucap Puan dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Dengan pengalaman yang mumpuni, Puan optimistis, Agus dapat mengemban tugas dengan baik untuk menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Ia meyakini, eks Danpaspamres itu akan semakin memberikan pengabdian terbaiknya untuk rakyat.



"TNI bukan hanya soal alat pertahanan negara saja, tapi juga berperan dalam membantu berbagai kesulitan masyarakat yang masuk dalam tugas operasi militer non perang. Prajutit TNI AD harus meningkatkan rasa asih, asah, dan asuh untuk rakyat Indonesia," terang Puan.

Lebih lanjut, Puan menyinggung soal peran TNI dalam demokrasi, terutama menjelang Pemilu 2024. Meski TNI bertugas untuk membantu menjaga kondusivitas Pemilu, Puan mengingatkan kembali agar prajurit menjunjung tinggi netralitas.

"Prajurit TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis atau menjadi alat politik dari kelompok atau partai manapun. KSAD yang baru perlu memastikan bahwa semua prajurit memahami peran TNI dalam mendukung sistem demokrasi di Indonesia dan tidak terlibat dalam politik praktis," terangnya.

"Saya berharap KSAD Agus Subiyanto bisa menjaga anak buahnya agar netral dalam Pileg dan Pemilu mendatang. Pastikan tidak ada satupun prajurit TNI AD yang terlibat politik praktis dan tegas memberi sanksi apabila ada yang melakukan pelanggaran," tambah Puan.

Menurutnya, politik TNI adalah politik kenegaraan sesuai tugas dan fungsinya. Puan pun meminta seluruh prajurit TNI AD dapat bekerja dengan profesional saat membantu menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 agar berlangsung dengan kondusif di seluruh wilayah di Tanah Air.

"Saya yakin Jenderal Agus Subiyanto merupakan pemimpin teladan yang dapat memberikan contoh kepada seluruh prajurit TNI AD untuk menjunjung tinggi netralitas demi terciptanya Pileg dan Pilpres 2024 yang damai dan gembira bagi masyarakat," ujar Puan.

"Prajurit TNI akan tegak lurus menjaga sumpahnya untuk menjaga keutuhan ibu pertiwi serta persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia," tutupnya.

Sekadar informasi, Jenderal Agus Subiyanto telah dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023) pagi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)