Resmi Jadi KSAD, Agus Subiyanto Kini Berpangkat Jenderal TNI

Rabu, 25 Oktober 2023 - 09:48 WIB
loading...
Resmi Jadi KSAD, Agus Subiyanto Kini Berpangkat Jenderal TNI
Letjen TNI Agus Subiyanto dilantik menjadi KSAD oleh Presiden Jokowi. Setelah itu, pangkat Agus Subiyanto dinaikkan menjadi Jenderal TNI. Foto/Raka Dwi
A A A
JAKARTA - Setelah resmi dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), pangkat Agus Subiyanto dinaikkan satu tingkat menjadi Jenderal TNI. Kenaikan pangkat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 90 TNI Tahun 2023 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI.

"Menaikkan pangkat satu pangkat lebih tinggi kepada perwira TNI atas nama Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto S.E., M.Si., NRP 1910029630867, dari Letnan Jenderal TNI menjadi Jenderal TNI, terhitung mulai tanggal ditetapkan Keputusan Presiden Republik Indonesia ini. Kedua, keputusan presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 25 Oktober 2023. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," demikian keputusan presiden yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Setelah itu, Presiden Jokowi melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan Agus Subiyanto. Agus pun kini berpangkat Jenderal TNI.

Sebelumnya, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Agus menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Jabatan Agus sebelumnya adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). Pelantikan Agus sebagai KSAD berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 89/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan diikuti oleh Agus.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” sambungnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)