Calon Presiden Ganjar Berencana Terapkan Pengembangan Baznas di Seluruh Indonesia

Minggu, 22 Oktober 2023 - 17:37 WIB
loading...
Calon Presiden Ganjar Berencana Terapkan Pengembangan Baznas di Seluruh Indonesia
Capres 2024 Ganjar Pranowo saat menghadiri Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (20/10/2023) malam. Foto/MPI/Agung Bakti Sarasa
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berencana menerapkan model pengembangan Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) di seluruh negeri setelah membuktikan keberhasilannya di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sejak menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah pada 2013, Ganjar telah memasukkan dana dari Baznas sebagai salah satu komponen dalam anggaran pembangunan sosial.

Dengan langkah-langkah seperti mengoptimalkan penerimaan dana zakat melalui surat edaran gubernur, Ganjar Pranowo berhasil meningkatkan pendapatan zakat dari hanya Rp110 juta pada 2014 menjadi Rp82 miliar pada 2022.

Ganjar Pranowo mengungkapkan pandangannya ketika hadir dalam Workshop Nasional Anggota DPRD dari Fraksi PPP di seluruh Indonesia. Selain itu, ia akan mendukung upaya perbaikan pengembangan wakaf. Hingga saat ini, Ganjar masih menjalin komunikasi dengan Baznas pusat untuk membahas rencana program-program masa depan.



"Saya mendapatkan masukan banyak sekali tentang pengelolaan zakat melakui Baznas. Saya kira beberapa pengalaman yang bagus ini akan kita nasionalkan dan Baznas pusat juga mendukung," kata Ganjar.

Selain mengupayakan perbaikan dalam pengelolaan zakat, Ganjar juga akan mendorong perbaikan yang lebih signifikan dalam pengembangan wakaf. Hingga saat ini, ia masih berkomunikasi dengan pihak Baznas pusat terkait rencana program di masa mendatang.

"Satu yang perlu sekarang musti kita dorong adalah wakaf. Kalau wakaf ini juga bisa kita kelola dengan baik, insyaAllah akan banyak kemanfaatan yang bisa kita berikan," kata Ganjar.

Prestasi ini juga diakui ketika Ganjar Pranowo dianugerahi gelar Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh Baznas pada acara Baznas Award 2023. Pada tahun sebelumnya, Ganjar juga telah meraih penghargaan serupa.



Ketua Majelis Syariah DPP PPP, KH Musthofa Aqil Sirodj berpendapat Ganjar adalah seorang pemimpin yang luar biasa. Keyakinannya semakin kuat setelah mendengar Mbah Maimoen Zubair mengungkapkan pendapat serupa. KH Maimoen Zubair pernah memberikan isyarat bahwa Ganjar adalah sosok pemimpin yang berkualitas pada suatu kesempatan.

"Ternyata Pak Ganjar itu memang orang baik dan tawaduk (rendah hati) Kita sepakat dengan para kiai dan pondok pesantren. Alhamdulillah ternyata nama Pak Ganjar sudah ada di hati para kiai," ucap Maimoen.

Ganjar Pranowo bersama dengan Baznas menyumbangkan rumah yang tidak layak huni (RTLH), fasilitas sanitasi, dan modal usaha ekonomi produktif. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. Dana yang telah dikumpulkan akan diintegrasikan dengan program-program yang sudah ada di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dengan tujuan untuk memastikan penyaluran bantuan berjalan dengan lebih efektif dan optimal.

Ganjar mengungkapkan penyaluran bantuan merupakan langkah konkret untuk menekan tingkat kemiskinan di Jawa Tengah dan optimis dapat mengoptimalkan Baznas pada tingkat nasional.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)