Ganjar: Bung Karno Bilang Kita Harus Punya Kepribadian dalam Kebudayaan

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 14:13 WIB
loading...
Ganjar: Bung Karno Bilang Kita Harus Punya Kepribadian dalam Kebudayaan
Capres Ganjar Pranowo. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo berharap agar pelestarian budaya selalu diutamakan. Kebudayaan tidak hanya dijaga, tetapi juga ditingkatkan, terutama karena Indonesia memiliki warisan budaya yang sangat berharga.

Pernyataan Ganjar mengacu pada pernyataan Soekarno atau Bung Karno , yang mendorong pengembangan kepribadian melalui kebudayaan. "Kalau Bung Karno bilang, kita harus punya kepribadian dalam kebudayaan," ujarnya.

Baru-baru ini Ganjar menunjukkan penghargaannya terhadap perusahaan Jepang yang berkolaborasi dengan Indonesia untuk melestarikan dan membangkitkan ekonomi di keraton, melihatnya sebagai langkah positif. Dia melihat bahwa keraton dan kerajaan yang semakin mandiri akan lebih efektif dalam bekerjasama dengan pemerintah.

"Kalau kemudian beberapa perusahaan akan membantu menghidupkan kembali itu luar biasa. Maka keraton-keraton, kerajaan-kerajaan akan semakin mandiri, sehingga kerja samanya dengan pemerintah akan jauh lebih baik," lanjut Ganjar.



Ganjar berharap bahwa dengan pelestarian Festival Adat Budaya Nusantara masyarakat akan tahu bahwa budaya tidak hanya tentang produk seni dan kebudayaan, tetapi juga perilaku. Dia berharap para raja dari seluruh Nusantara yang hadir di festival ini akan memikirkan cara mengembangkan budaya mereka, bukan hanya melestarikannya.

"Saya titipkan tadi di sana. Kebudayaan kita tidak cukup diuri-uri, tidak cukup dilestarikan, tapi harus dikembangkan, sehingga bisa mempengaruhi kebudayaan-kebudayaan yang lain, apalagi yang sifatnya sangat luhur,” tutupnya.

Ganjar menggarisbawahi pentingnya mengembangkan kebudayaan Indonesia sehingga bisa memberikan pengaruh positif pada kebudayaan lain, terutama yang memiliki nilai-nilai tinggi.

Kedekatan Ganjar dengan tokoh adat dan agama menjadi alasan dirinya kerap mengkritisi berbagai topik dan isu kebudayaan. Bahkan, Raja Gowa Andi Kumala Idjo menilai Ganjar Pranowo sebagai tokoh yang mementingkan pelestarian budaya.

"Pak Ganjar salah satu tokoh yang begitu peduli pada budaya. Sebagai bangsa yang berbudaya dan memiliki aneka ragam kebudayaan, saya tentu saja merasa bersyukur dan terima kasih atas kunjungan ini. Mudah-mudahan Pak Ganjar semakin sukses," ujarnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)