PPIH Siap Hadapi Puncak Kedatangan Jamaah Haji di Jeddah

Rabu, 16 Agustus 2017 - 08:27 WIB
PPIH Siap Hadapi Puncak Kedatangan Jamaah Haji di Jeddah
PPIH Siap Hadapi Puncak Kedatangan Jamaah Haji di Jeddah
A A A
JEDDAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melakukan sejumlah persiapan menjelang puncak kedatangan jamaah haji dunia di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA), Jeddah. Salah satunya berkoordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Koordinasi penting guna memastikan jamaah haji Indonesia tetap mendapatkan layanan dalam durasi yang semakin cepat. Langkah koordinatif tersebut diapresiasi Pejabat Otoritas Urusan Layanan Haji di Bandara Jeddah, Hani Baaqil.

Dia mengapresiasi proses layanan kedatangan jamaah haji Indonesia di Jeddah yang tetap berlangsung lancar. Meski Indonesia adalah negara dengan jamaah terbanyak, tetap dianggap taat aturan.

Hani berharap sinergi PPIH dengan Kementerian Haji setempat bisa terus diperkuat, utamanya dalam menghadapi puncak kedatangan jmaah yang akan berlangsung tiga hari ke depan.

Tidak hanya Indonesia, jamaah dari berbagai negara pada hari itu akan tiba di Jeddah dalam waktu yang hampir bersamaan. Jumlahnya pun bisa meningkat hingga tiga kali lipat.

"Setelah jamaah keluar dari pintu imigrasi ke plasa menuju bus waktu idealnya sekitar 40 menit," tutur pria bergamis putih dan berkacamata ini di kantor PPIH Daker Bandara, kemarin.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara PPIH Arab Saudi, Arsyad Hidayat menjelaskan, Indonesia telah mengantisipasi kepadatan di Bandara Jeddah sejak dari Tanah Air.

Ditjen Penyelanggaraan Haji dan Umrah, Kemenag telah membuat surat edaran bagi jamaah gelombang kedua untuk mandi ihram sejak di embarkasi.

Selain itu, tim Daker Bandara juga membuat terobosan keberangkatan ke Mekkah dalam beberapa hari ke depan. Jamaah tidak lagi harus berangkat dengan rombongan busnya, tapi bisa digabung dengan rombongan bus lain yang masih dalam satu kloter.

Terobosan ini didukung kesigapan petugas yang terus memberikan pemahaman dan arahan kepada jemaah. Dengan tujuan, proses layanan kedatangan di bandara berjalan lancar dan cepat.

Selama di bandara, jamaah haji akan melewati proses pengecekan imigrasi dan bea cukai. Adapun tas dan paspor jamaah akan diurus oleh Maktab Wukala.

Usai persiapan umrah, jamaah menuju bus yang telah disiapkan pihak Naqabah, lembaga swasta penyediaan transportasi bus antarakota. Bus ini oleh PPIH Arab Saudi telah dilakukan upgrade sehingga kualitasnya busnya dipastikan nyaman dan aman.

Terakhir, saat memasuki perbatasan Kota Mekkah, Muassasah Asia Tenggara akan melakukan pengecekan dokumen jamaah. Percepatan proses layanan kedatangan di plasa bandara Jeddah ini disaksikan juga oleh Hani Baaqil. Dia memerhatikan dengan seksama bagaimana petugas PPIH mengarahkan jamaah agar mempercepat pemakaian kain ihram, serta menuju bus untuk di antar ke Mekkah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4188 seconds (0.1#10.140)