Mahfud MD Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Ini Jejak Karier dan Prestasinya

Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:57 WIB
loading...
Mahfud MD Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Ini Jejak Karier dan Prestasinya
Capres Partai Perindo Ganjar Pranowo dan pasangannya Mahfud MD. Foto/Azis Indra
A A A
JAKARTA - Mahfud MD resmi menjadi Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Penunjukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut diumumkan oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," kata Megawati.

Megawati menyebut sosok Mahfud MD merupakan intelektual di bidang hukum dan memiliki pengalaman yang lengkap di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Megawati juga menekankan bahwa Mahfud MD dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik.



Inilah sederet prestasi yang dimiliki oleh Mahfud MD sehingga dia dapat dipilih sebagai Cawapres dari Ganjar Pranowo:

1. Pengalaman yang mentereng di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif

Mahfud MD memiliki pengalaman yang sangat mentereng karena dia pernah memiliki jabatan sebagai Menteri Pertahanan pada Kabinet Presiden Abdurrahman Wahid tahun 2000-2001. Lalu pada tahun 2001 dia juga ditunjuk Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.

Pada tahun 2008-2013, Mahfud menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Puncaknya, Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang telah dia jalani sejak 23 Oktober 2019.

Pria yang lahir di Sampang, 13 Mei 1957 itu juga pernah menjadi anggota DPR RI.

2. Sepak terjangnya di bidang akademik sangat baik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)