Ganjar Pranowo Siap Bantu Disabilitas hingga Mandiri dan Berprestasi

Senin, 16 Oktober 2023 - 21:36 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Siap Bantu Disabilitas hingga Mandiri dan Berprestasi
Bacapres, Ganjar Pranowo saat berkunjung dan berbagi kebahagiaan dengan para penyandang disabilitas yang ada di YPAC Malang, Senin (16/10/2023). Foto/Istimewa
A A A
MALANG - Bakal calon presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo akan memperjuangkan hak-hak kelompok penyandang disabilitas. Hal itu disampaikan Ganjar saat berkunjung dan berbagi kebahagiaan dengan para penyandang disabilitas yang ada di YPAC Malang, Senin (16/10/2023).

Bersama ribuan relawan Ganjar se-Malang Raya, mantan Gubernur Jawa Tengah ini menggelar aksi sosial berupa bagi-bagi laptop, alat tulis, dan bantuan lainnya.

"Anak-anak penyandang disabilitas ini adalah saudara sejati kita. Mereka punya kelebihan dan bakat luar biasa," kata Ganjar.

Menurutnya, negara harus hadir membantu kelompok disabilitas agar betul-betul bisa mandiri dan berprestasi. Sebab, pemerintah memiliki amanah untuk melindungi seluruh anak bangsa, khususnya penyandang disabilitas.

"Tugas kita memperjuangkan dan membantu mereka sampai betul-betul mandiri dan berprestasi. Agar kita sesama anak bangsa bisa merasakan hidup di bumi Indonesia yang merdeka bernama Indonesia," ujarnya.

Ganjar mempunyai pengalaman yang tak pernah dilupakan bersama anak-anak penyandang disabilitas. Dia pernah merasa 'ditampar' oleh mereka karena kurang peduli pada kebutuhannya.

"Saat awal saya jadi Gubernur, saya pernah merasa ditampar karena saat mereka datang ke rumah dinas saya, tidak ada akses untuk penyandang disabilitas," ungkapnya.



Dari kejadian itulah, Ganjar melakukan evaluasi dan berbenah diri. Sejak saat itu pula, Ganjar selalu mengajak kelompok disabilitas dalam perhelatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dan menjadi kelompok pertama yang boleh bertanya.

Tak hanya kelompok disabilitas, ada juga kelompok perempuan dan anak yang juga selalu dilibatkan. Tiga kelompok ini yang mendapat kesempatan utama memberikan masukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)