Pentingnya Kesehatan Mental dan Pendidikan dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Minggu, 15 Oktober 2023 - 16:27 WIB
loading...
Pentingnya Kesehatan Mental dan Pendidikan dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045
Dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi generasi milenial dan generasi Z. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kesehatan mental dan pendidikan penting untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 . Kesehatan fisik dan mental sama pentingnya. Bukan hanya orang yang terbebas dari gangguan jiwa yang dianggap sehat secara mental.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan mental sebagai kesadaran akan kondisi kesejahteraan diri sendiri, yang mencakup kemampuan mengendalikan stres, bekerja secara efektif dan menghasilkan hasil, serta berpartisipasi dalam lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, kesehatan mental sangat penting bagi keberadaan manusia modern. Sayangnya, tidak banyak masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia yang memahami betapa pentingnya kesehatan mental. Menurut penelitian dari American Psychological Association, terdapat peningkatan sebesar 53% penyakit kesehatan mental di kalangan generasi muda generasi milenial dan Z selama pandemi Covid-19.

Hal ini sejalan dengan pandangan Dr. Celestinus Eigya Munthe, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Narkoba Kementerian Kesehatan, yang menjelaskan bahwa permasalahan kesehatan jiwa di Indonesia tidak lepas dari isu tingginya prevalensi penyakit jiwa. Sekitar satu dari lima penduduk Indonesia saat ini menderita penyakit mental, yang berarti 20% penduduk negara ini mungkin terkena penyakit mental.



Oleh karena itu, peningkatan kesadaran terhadap masalah kesehatan mental masih diperlukan saat ini, terutama mengingat kita sedang melakukan transisi dari era pandemi ke era normal baru. Berkat terbentuknya berbagai kelompok perawatan kesehatan mental, generasi kontemporer semakin sadar akan kesehatan mental. Bersama-sama, mereka meluncurkan sejumlah kampanye untuk mengatasi dan mencegah masalah kesehatan mental melalui komunitas ini.

Diyakini bahwa dengan secara konsisten mengedukasi masyarakat tentang kesehatan mental, mata mereka akan terbuka akan pentingnya kesehatan mental. Kami yakin bahwa Indonesia akan mampu menjaga kesehatan mental warganya dengan lebih baik jika upaya ini diterima dengan baik, terutama bagi generasi muda yang pada akhirnya akan mengambil alih peran sebagai penerus bangsa.

Pentingnya Pendidikan dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Begitu pula dengan pendidikan. Perkembangan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikannya. Indonesia terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan sistem pendidikannya. Lebih lanjut, sebagaimana disebutkan dalam pembukaan UUD 1945, salah satu tujuan dibentuknya negara Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini menandakan bahwa pendidikan akan memegang peranan penting dan berguna bagi masa depan bangsa Indonesia. Selain itu, pendidikan mempunyai peran penting dalam mempersiapkan setiap orang Indonesia menghadapi kesulitan dunia modern yang semakin kompleks dan kompetitif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)