Survei SMRC: Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Jadi Pasangan Favorit Nahdliyin di Jatim

Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:39 WIB
loading...
Survei SMRC: Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Jadi Pasangan Favorit Nahdliyin di Jatim
Pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil menjadi pilihan favorit warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin di Jawa Timur (Jatim). Foto/Pemprov Jabar
A A A
JAKARTA - Pasangan Ganjar Pranowo -Ridwan Kamil menjadi pilihan favorit warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin di Jawa Timur (Jatim). Hal itu berdasarkan hasil survei lembaga Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) periode 2-11 September 2023.

Dengan pertanyaan yang diajukan berupa 'bila pemilihan pasangan presiden-wakil presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai pasangan presiden-wakil presiden di antara pasangan berikut?' Hasilnya, hampir separuh koresponden atau lebih tepatnya 46,3% memilih pasangan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.



"Di kalangan NU Jawa Timur, dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 3 pasangan, Ganjar-Ridwan mendapat dukungan 46,3 persen," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani yang ditayangkan melalui Kanal Youtube SMRC TV, Kamis (12/10/2023).

Kemudian, kurang dari separuh pemilih Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil atau lebih tepatnya 22,9% memilih Prabowo Subianto-Erick Thohir.

Selanjutnya, pasangan yang sudah mendeklarasikan diri maju di Pilpres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mengantongi 10,1%. Jumlah tersebut lebih sedikit dari jumlah koresponden yang memilih untuk tidak memberikan jawabannya dengan jumlah 20,7%.

Sebagai informasi, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilu, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 180 responden.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 150 atau 83%. Sebanyak 150 responden ini yang dianalisis.



Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 8,2% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)