Ganjar Pranowo Menjadi Calon Presiden yang Ideal untuk Milenial

Kamis, 12 Oktober 2023 - 06:45 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Menjadi Calon Presiden yang Ideal untuk Milenial
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo dianggap sebagai calon presiden yang ideal bagi kaum milenial. Hal tersebut tercermin dari elektabilitasnya di kalangan milenial yang mengungguli dua calon presiden lainnya.

Ganjar unggul lewat hasil survei yang dilakukan Ipsos Public Affairs yang menemukan elektabilitas Ganjar Pranowo yang unggul dengan elektabilitas sebesar 39,90 persen.

Peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menjelaskan bahwa elektabilitas Ganjar yang unggul pada kalangan milenial dapat dilhat karena mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut lebih aktif di media sosial.

“Cara kampanye Ganjar lebih diterima di kalangan milenial juga Gen Z dikarenakan Ganjar lebih aktif di media sosial. Aktif dan bahasanya lebih membumi,” kata Arif.

Menurutnya, konten yang disampaikan Ganjar di media sosial pribadinya mendapatkan atensi dari kalangan milenial juga Gen Z. Selain itu, cara Ganjar bermain medsos juga dinilai menjadi daya tarik bagi kaum milenial dan Gen Z.

Sedangkan menurut Moch Nurhasim, Direktur Politik dan Hankam Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Ganjar merupakan salah satu tokoh milenial yang memiliki potensi pengalaman politik yang sangat luar biasa.

Ganjar memiliki pengalaman di parlemen saat menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sedangkan pengalamannya di tingkat eksekutif didapatnya saat Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

“Kalau dari kalangan anak muda, beliau (Ganjar) juga memiliki inspirasi sebagai salah satu tokoh milenial yang punya potensi pengalaman politik dan menjabat gubernur. Jadi dari sisi pengalaman, Pak Ganjar juga dapat diandalkan dari pengalamannya di parlemen dan eksekutif yang sudah banyak dilakukan,” kata Nurhasim.

Nurhasim melihat bahwa Ganjar memiliki karakter yang mirip dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena dianggap oleh masyarakat memiliki karakter yang low profile. Sehingga, gayanya dinilai lebih merakyat.

"Pak Ganjar saya lihat meniru model karakter Pak Jokowi meski tidak sama. Pak Ganjar orangnya tidak terlalu banyak bicara yang terlalu tinggi, bahasanya juga diukur dengan komunikasi agar bisa dipahami masyarakat kecil," jelas Nurhasim.

Survei dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan Presiden ideal untuk para milenial kampus. Survei ini melibatkan para milenial kampus seperti mahasiswa S2 dan S3, peneliti, dosen, akademisi, dan para civitas akademika kampus.

Berdasarkan indikator-indikator yang diukur, mulai dari rekam jejak, integritas, skill, leadership, kompetensi, nasionalisme, dan keselarasan dengan kepemimpinan Presiden Jokowi, Ganjar dinilai lebih unggul dibandingkan dengan calon presiden lainnya. Dari penilaian indikator tersebut, Ganjar unggul dengan angka 36,18%. Lebih tinggi dari kedua kandidat lainnya.

Pemilih milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 nanti jumlahnya diperkirakan akan mencapai 56 persen dari total suara. Oleh karena itu, suara dari kalangan tersebut akan sangat potensial untuk diperebutkan para kandidat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)