Apa yang Dimaksud Menteri Ad Interim? Simak Penjelasannya di Sini

Rabu, 11 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
Apa yang Dimaksud Menteri Ad Interim? Simak Penjelasannya di Sini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaririman dan Investasi (Menko Marves) ad interim. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaririman dan Investasi (Menko Marves) ad interim. Hal tersebut dikarenakan Luhut Binsar Pandjaitan sedang sakit dan menjalani perawatan. Apa maksud dari menteri ad interim?

Penunjukan Erick Thohir sebagai Menko Marves ad interim disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (11/10/2023). "Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN, sebagai Menko Marves Ad-interim," kata Ari Dwipayana.

Diketahui, kondisi Luhut Binsar Pandjaitan telah berangsur membaik. "Kondisinya baik dan berangsur makin sehat. Dan mudah-mudahan mohon didoakan teman-teman bisa beraktivitas kembali," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Sandi menjelaskan bahwa sakitnya Luhut yang kini berusia 76 tahun dikarenakan kelelahan dalam mempersiapkan Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali. Luhut juga melakukan beberapa kunjungan ke Afrika.



"Kelelahan, beliau kelelahan karena persiapan AIS Forum ini. Kemudian safari kunjungan ke Afrika, dan disambung lagi dengan kegiatan dan saat menghadiri ulang tahun ke-76 itu beliau sangat happy dan bahagia. Dan besoknya di hari Minggu ketemu juga dan dia sangat belum menunjukkan kelelahan dan tetapi pada Senin-Selasa itu mulai sampai harus dirawat," kata Sandi.

Sandi mengungkapkan hingga saat ini Luhut masih menjalani perawatan di rumah sakit. Dirinya menyebut Luhut masih dalam tahap pemulihan. "Sampe kemarin masih di rumah sakit, tapi persiapan akan pemulihan," kata Sandi yang juga pernah menjadi Menko Marves ad interim saat Luhut mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke Afrika, Agustus 2023.

Makna Ad Interim


Dikutip dari kbbi.kemdikbud.go.id, ad interim bermakna untuk sementara waktu. Ad interim merupakan ungkapan dari bahasa Latin.

Contoh kalimat memakai kata ad interim adalah: saat ini, ia ditunjuk sebagai menteri ad interim.

Dengan demikian, menteri ad interim adalah menteri yang menjabat untuk sementara waktu, menggantikan menteri yang sedang berhalangan semisal sedang sakit atau perjalanan ke luar negeri. Demikian ulasan tentang makna kata menteri ad interim. Semoga artikel ini bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)