Suasana Gedung KPK Jelang Pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo

Rabu, 11 Oktober 2023 - 08:26 WIB
loading...
Suasana Gedung KPK Jelang Pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dia akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Lantas bagaimana suasana Gedung KPK jelang pemeriksaan Politikus Partai Nasdem tersebut? Pantauan di lokasi pada pukul 07.46 WIB, suasana Gedung Merah Putih KPK di Jalan Kuningan Persada Kav. 4 Jakarta Selatan masih terlihat sepi.



Hanya terlihat beberapa pegawai lembaga antirasuah yang mulai memasuki gedung. Kemudian beberapa petugas kebersihan juga terlihat melakukan tugasnya.

Sekadar informasi, KPK terus melakukan upaya pengumpulan berkas perkara penyidikan melalui keterangan dari pihak terkait soal kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

KPK pun sudah memeriksa Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dalam kapasitas mereka sebagai saksi.

Hari ini, KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menteri dari Partai Nasdem itu akan diperiksa sebagai saksi untuk pihak lain yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Rabu (11/10) bertempat di Gedung Merah Putih, benar Tim Penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan sebagai saksi Syahrul Yasin Limpo," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (10/10/2023).

Sebelum SYL, tim penyidik lembaga antirasuah telah memeriksa Muhammad Hatta pada Senin (9/10/2023). Seusai pemeriksaan, Muhammad Hatta irit bicara perihal materi pemeriksaan dirinya.

Sehari berselang, giliran Kasdi Subagyono yang menjalani pemeriksaan KPK. Lagi-lagi, pejabat Kementan irit bicara usai menjalani pemeriksaan.

Sebelumnya, SYL pernah dipanggil KPK pada Juni lalu. Setelah melakukan pemeriksaan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, SYL menyatakan akan kooperatif terkait penanganan kasus tersebut.



"Hari ini saya memenuhi penggilan secara baik. Alhamdulillah panggilan sudah jalan, saya sudah diperiksa secara profesional, saya terima kasih dan saya tetap akan kooperatif saya akan siap," ungkap Yasin Limpo di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)