Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Akui Temani Syahrul Yasin Limpo Temui Firli Bahuri

Selasa, 10 Oktober 2023 - 16:13 WIB
loading...
Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Akui Temani Syahrul Yasin Limpo Temui Firli Bahuri
Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar memberikan keterangan kepada wartawan di Kawasan Simpanglima, Kota Semarang, Selasa (10/10/2023) sore. FOTO/MPI/EKA SETIAWAN
A A A
SEMARANG - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar buka suara terkait pertemuan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Irwan mengaku menemani Syahrul Yasin Limpo bertemu Firli.

"Pernah ada di tahun 2021, kira-kira di bulan Februari. Kebetulan saya diminta untuk menemani Pak SYL (Syahrul Yasin Limpo) untuk menemui Pak Firli," kata Irwan di Kawasan Simpanglima, Kota Semarang, Selasa (10/10/2023) sore.

Irwan menjelaskan, pertemuan di Jakarta itu untuk membangun atau membuat MoU kerja sama pencegahan tindak pidana korupsi. "Atau pendampingan lah di Kementan dalam hal pencegahan korupsi. Itu saja yang saya tahu, selebihnya tidak," katanya.



Kombes Irwan menyebut kenal langsung dengan Firli saat sama-sama bertugas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). "Pak Firli dulu adalah atasan langsung saya ketika saya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal umum di Polda NTB. Kira-kira tahun 2017. Kemudian Pak Mentan (SYL) adalah paman saya, kebetulan bersaudara, mertua perempuan (istri) saya," katanya.

Terkait kasus dugaan pemerasan Firli Bahuri kepada Syahrul Yasin Limpo yang saat ini ditangani Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Irwan mengaku pernah diperiksa penyidik.

"Pemeriksaan terhadap saya sudah dilakukan pada tahap penyelidikan kemarin. Dilaksanakan di awal-awal Agustus 2023, kemudian informasi yang kami dapatkan penanganan kasus ini sudah sampai tahap penyidikan. Tentu saya akan dimintai keterangan lagi sebagai saksi dalam tahap penyidikan," katanya.



Ditanya soal adanya penyerahan sejumlah uang oleh Syahrul Yasin Limpo ke Firli, Irwan menampiknya. "Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)