Jokowi Gala Dinner Bersama Pemimpin dan Delegasi KTT AIS

Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:41 WIB
loading...
Jokowi Gala Dinner Bersama Pemimpin dan Delegasi KTT AIS
Presiden Jokowi menyambut para pemimpin dan delegasi yang hadir pada jamuan makan malam resmi atau gala dinner KTT AIS Forum 2023. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut para pemimpin dan delegasi negara-negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional yang hadir pada jamuan makan malam resmi atau gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelago and Island States (AIS) Forum 2023.

Mengenakan batik berwarna coklat, Jokowi terlihat menyambut para pemimpin dan delegasi negara-negara pulau dan kepulauan. "Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia pada pertemuan tingkat tinggi pertama dari Gala Dinner AIS forum," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/10/2023).

Jokowi mengatakan AIS dapat menjadi forum untuk memperkuat kolaborasi antar negara pulau-pulau dan kepulauan. "Karena laut adalah kehidupan kita, laut menyatukan masyarakat kita dan laut menyediakan banyak sumber daya yang harus kita kelola secara bertanggung jawab. Maka izinkan kami untuk menyambut kalian melalui upaya persahabatan dari kami, selamat menikmati malam ini," tandasnya.



Perlu diketahui, KTT AIS Forum 2023 berlangsung di Bali pada 10--11 Oktober 2023 dan menjadi wadah bagi Indonesia untuk menyumbangkan pemikirannya terkait solusi atas tantangan yang dihadapi negara pulau dan kepulauan.Sejumlah pimpinan negara dijadwalkan hadir pada KTT AIS Forum di Bali, tercatat lima pimpinan tertinggi negara hadir langsung yaitu Presiden Micronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, dan Perdana Tuvalu.

Sementara Fiji dan Tonga mengirimkan Deputi Perdana Menteri. Delapan negara mengirimkan menterinya yaitu Maladewa, Marshall Islands, Palau, Seychelles, Singapura, Solomon Islands, Sri Lanka dan Papua Nugini.



Sebanyak tiga negara mengirimkan pejabat setingkat Wakil Menteri atau Direktur Jenderal atau Sekretaris Jenderal yaitu Cabo Verde, Selandia Baru, dan Madagaskar. Kemudian 11 Negara mengutus Duta Besar yaitu Irlandia, Jepang, Siprus, Samoa, Malta, Inggris, Saint Lucia, Cook Island, Filipina, Suriname, dan Bahrain.

Sementara empat organisasi internasional yang mengirimkan perwakilannya adalah Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dan Badan Program Pembangunan PBB (UNDP).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)