Menilik Elektabilitas Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Senin, 09 Oktober 2023 - 16:35 WIB
loading...
Menilik Elektabilitas Kandidat Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo
Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo tengah dikaji para pimpinan partai politik (parpol) pendukungnya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo tengah dikaji para pimpinan partai politik (parpol) pendukungnya. Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo juga saat ini tengah mempertimbangkan dengan seksama siapa yang akan menjadi pendampingnya dalam pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang.

Salah satu faktor yang menjadi perhatian utama dalam pemilihan cawapres adalah elektabilitas, yaitu tingkat popularitas dan dukungan yang dimiliki oleh calon cawapres. Ganjar Pranowo menyadari betapa pentingnya pemilihan pasangan yang tepat untuk meraih dukungan yang luas dalam upayanya untuk mencapai kursi presiden.

Elektabilitas Para Kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024

1. Versi Lembaga Survei Nasional


Lembaga Survei Nasional (LSN) baru-baru ini mengungkapkan hasil survei yang mengidentifikasi beberapa tokoh potensial sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Survei tersebut yang dilakukan pada periode 20-30 September 2023 melibatkan 1.420 responden dengan menggunakan metode sampel acak berjenjang (multistage random sampling). Hasil survei ini memberikan gambaran mengenai elektabilitas para kandidat yang mungkin menjadi pilihan sebagai cawapres Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024.

Dalam survei tersebut, tiga nama muncul sebagai kandidat potensial untuk mendampingi Ganjar Pranowo. Sandiaga Uno menduduki peringkat pertama dengan tingkat elektabilitas sebesar 20,6 persen, diikuti oleh Ridwan Kamil dengan 18,1 persen, dan Mahfud MD dengan 12,9 persen.

Hasil ini mencerminkan preferensi publik terhadap tokoh-tokoh yang mungkin memiliki daya tarik sebagai pendamping Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden.

Meskipun ada kandidat lain seperti Erick Thohir (10,5 persen), Andika Perkasa (8,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (7,9 persen), Puan Maharani (6,2 persen), dan Airlangga Hartarto (1,8 persen), tingkat elektabilitas mereka berada di bawah tiga nama utama yang disebutkan sebelumnya.

2. Versi Polling Institute


Polling Institute juga telah melakukan survei terkait elektabilitas cawapres pada periode 21-25 Agustus 2023. Survei ini melibatkan 1.201 responden dengan menggunakan wawancara telepon dan metode simple random sampling.

Dari hasil survei tersebut, terdapat 19 nama yang secara semi-terbuka menjadi pilihan wakil presiden, dengan Erick Thohir dan Ridwan Kamil menduduki peringkat teratas, masing-masing dengan tingkat dukungan sebesar 15,1 persen dan 14,2 persen.

Diikuti oleh AHY dengan 9,8 persen, Mahfud MD dengan 8,8 persen, Gibran dengan 8,6 persen, dan Sandiaga Uno dengan 8,6 persen. Meskipun ada berbagai nama lainnya, sekitar 16,2 persen responden belum memberikan jawaban konkret.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)