Akui Bertemu Syahrul Yasin Limpo, Firli: Bukan Inisiasi atau Undangan Saya

Senin, 09 Oktober 2023 - 09:18 WIB
loading...
Akui Bertemu Syahrul Yasin Limpo, Firli: Bukan Inisiasi atau Undangan Saya
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri buka suara soal beredarnya foto pertemuan dirinya dengan mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri buka suara soal beredarnya foto pertemuan dirinya dengan mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Firli menjelaskan, pertemuan di lapangan bulu tangkis dengan SYL itu terjadi pada 2 Maret 2022.

Pada periode itu, Firli menjelaskan, kasus dugaan korupsi di Kementan belum masuk tahap penyelidikan pihaknya.

"Maka dalam waktu tersebut, status Sdr Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana atau pun pihak yang berperkara di KPK," kata Firli melalui keterangan tertulisnya, Senin (9/10/2023).

"Kejadian tersebut pun bukan atas inisiasi atau undangan saya," sambungnya.



Firli melanjutkan, saat ini lembaga anti-rasuah sedang banyak mengusut kasus dugaan korupsi. Akan hal itu, menurutnya tentu akan banyak pihak yang mencoba menyerang lembaganya.

"Begitu banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back, namun kami pasti akan ungkap semua," ujarnya.

Untuk itu, Firli berharap masyarakat tidak tergiring opini-opini yang tidak sesuai fakta dan dapat mengaburkan pokok perkara yang sedang KPK tangani, yaitu dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian berupa pemerasan dalam jabatan, gratifikasi dan TPPU.

"Kami menyadari, pemberantasan korupsi adalah upaya yang penuh tantangan. Namun KPK tetap berkomitmen untuk terus fokus dalam proses penegakan hukum ini, sebagai salah satu upaya untuk mendukung perwujudan tujuan bernegara, bangsa Indonesia yang maju, adil, makmur, dan sejahtera," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, foto Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian (Mentan) SYL di lapangan bulutangkis beredar. Terlihat pucuk pimpinan KPK sedang asyik ngobrol dengan politikus Nasdem tersebut.

Firli tampak mengenakan pakaian olahraga baju berwarna biru gradasi dan setelan celana pendek sedang duduk santai sambil menatap ke arah SYL. SYL sendiri tampak mengenakan kemeja lengan pendek bercorak warna hitam dengan setelan celana jeans. SYL juga tampak sedang ngobrol dengan Firli.

Keduanya terlihat berdiskusi di kursi panjang yang terbuat dari semen di pinggir lapangan bulutangkis atau badminton. Namun belum diketahui dengan pasti lapangan badminton mana yang menjadi pertemuan keduanya. Dikabarkan, lokasi gor badminton tempat pertemuan SYL dan Firli berada di kawasan Mangga Besar, Jakarta.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6071 seconds (0.1#10.140)