Mahfud MD dan Khofifah Berpotensi Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:44 WIB
loading...
Mahfud MD dan Khofifah Berpotensi Dampingi Ganjar di Pilpres 2024
Bacapres Ganjar Pranowo. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Isu Cawapres Ganjar Pranowo adalah orang Jawa semakin menguat setelah nama Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut seusai Rakernas IV PDIP. Koalisi pengusung Calon Presiden Ganjar Pranowo pun diketahui sudah mulai mengerucutkan nama kepada Mahfud MD dan Khofifah yang akan mendampingi Ganjar dalam Pilpres 2024 .

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani seusai Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Menurut Puan, sosok Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa sangat berpotensi menjadi cawapres Ganjar karena memiliki basis suara yang sangat besar di wilayah Jawa terutama daerah Jawa Timur.

"Pak Mahfud dan Mba Khofifah itu dari Jawa Timur kan, jadi memang mempunyai ceruk suara masing-masing dan itu jadi pertimbangan dan tentu saja calon presiden yang ada mempertimbangkan hal tersebut termasuk PDI Perjuangan," ucap Puan saat diwawancarai seusai Rakernas IV PDIP.

Puan juga menambahkan bahwa dalam proses seleksi, setiap nama-nama cawapres Ganjar Pranowo memiliki kesempatan yang sama untuk menunjukkan kelebihannya dan kekurangannya masing-masing sehingga bisa menjadi pertimbangan sebagai pelengkap kelak Ganjar menjadi presiden.

Melalui pendekatan ini, menurut Puan, Ganjar Pranowo dapat membentuk sinergi yang baik dengan pasangannya. Terlebih jika memiliki keahlian yang saling melengkapi, pada akhirnya dapat memberikan manfaat besar bagi pemilih dan pemerintahan yang efektif jika terpilih sebagai presiden kelak.

"Nama-nama yang sekarang beredar sebagai Bacawapres Mas Ganjar punya kesempatan yang sama, punya kelebihan tertentu yang saling memenuhi kalau nantinya ada kekurangan Mas Ganjar. Jadi semua punya compliment sendiri-sendiri yang kita sudah pertimbangkan,” tutur Puan.

Megawati Soekarnoputri Sudah Bertemu Mahfud MD dan Khofifah Bahas Cawapres Ganjar

Sementara itu, baru-baru ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut-sebut telah melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Diduga salah satu pembahasannya adalah terkait posisi cawapres untuk Ganjar Pranowo.



Selain itu, dikabarkan juga bahwa Megawati juga sudah bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di kesempatan yang berbeda dengan Mahfud MD. Hal tersebut diungkap oleh Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP Muhammad Romahurmuziy kepada wartawan pada Selasa (3/10/2023).

“Yang saya dengar, nama keduanya (Mahfud dan Khofifah) memang beredar setelah keduanya diterima secara terbatas pada kesempatan terpisah oleh Ibu Mega," ucap Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy.

Calon Presiden Ganjar Pranowo mengaku sudah mengantongi siapa Calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilu 2024 mendatang ketika ditanya oleh wartawan. Kendati demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah itu masih enggan mengungkapkan siapa cawapres yang dipilih oleh dirinya dan partai koalisi pengusung.

"Udah dong (tahu nama-nama cawapresnya), tapi sabar dulu,” ungkap Ganjar.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)