Megawati Didampingi Puan dan Sejumlah Tokoh Bangsa Hadiri Upacara HUT TNI

Kamis, 05 Oktober 2023 - 08:28 WIB
loading...
Megawati Didampingi Puan dan Sejumlah Tokoh Bangsa Hadiri Upacara HUT TNI
Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri didampingi Ketua DPR Puan Maharani menghadiri HUT ke-78 TNI yang di Silang Monas, Kamis (5/10/2023). Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI yang digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Dari pantauan MPI, Megawati tiba di lokasi upacara sekitar pukul 7.57 WIB. Mega tiba dengan didampingi oleh putrinya yang juga merupakan Ketua DPR Puan Maharani.

Sementara itu, SBY tepah lebih dulu tiba dari Mega dan sebelum acara dimulai. Bahkan, SBY sempat menyaksikan prosesi defile saat pasukan masuk ke lokasi upacara.



Dalam acara tersebut, juga turut dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Sejumlah menteri kabinet juga tampak hadir dalam acara tersebut.

Mereka ialah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Hadir pula eks Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Sejumlah kepala negara dan anggota DPR RI juga nampak hadir acara tersebut. Mereka ialah anggota Komisi I Nurul Arifin hingga Ketua KPK Firli Bahuri.

Sekadar informasi, Upacara dan Defile HUT ke-78 TNI tahun 2023 melibatkan 4.630 personel pasukan san 130 alutsista. Dalam perayaan itu, tema yang diambil yakni "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju."

Adapun makna tema itu yakni TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara.

Tidak hanya itu, TNI juga akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera.

Dalam perayaan HUT ke-78 TNI, juga digelar parade alutsista. Alutsista yang ditampilkan di antaranya kendaraan tempur, kendaraan taktis, mobil dan motor listrik, pesawat nirawak (drone), sistem senjata, rudal-rudal, sistem peluncur rudal, tank amphibi Marinir, kemudian sea rider dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL juga akan ditampilkan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)